Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Edit Foto di Prisma Versi iOS Tak Butuh Internet

Kompas.com - 24/08/2016, 15:22 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Mengedit foto dengan aplikasi Prisma, baik di Android maupun iOS, selama ini membutuhkan koneksi internet. Hal tersebut kerap memperlambat proses pengeditan karena bergantung kepada stabilitas jaringan.

Ke depan, pengguna iOS tak perlu lagi merasakan ketidaknyamanan itu. Mereka bisa memodifikasi foto menjadi karya seni bercita rasa tinggi di Prisma dalam keadaan offline.

Hal ini dimungkinkan jaringan saraf tiruan alias neural networks, sebagaimana dilaporkan VentureBeat dan dihimpun KompasTekno, Rabu (24/8/2016).

Jarigan tersebut diambil dari sekelompok pemrosesan kecil yang dimodelkan berdasarkan jaringan saraf manusia. Sistemnya adaptif sehingga dapat cepat mengubah suatu struktur.

Baca: Mengapa Edit Foto di Prisma Lama dan Over Capacity?

Neural networks itu juga menjadi dasar implementasi kecerdasan buatan alias artificial intelligence. Prisma mengindikasikan neural networks bakal menjadi basis aplikasi-aplikasi masa depan.

"Teknologi itu juga bekerja sangat baik untuk audio, tapi sekarang kami fokus pada apa yang kami lakukan dari awal (visual)," kata co-founder dan CEO Prisma, Alexey Moiseenkov.

Sejak diluncurkan pada 11 Juni lalu, Prisma telah diunduh sebanyak 50 juta kali. Versi pembaruan Prisma di iOS ini digadang-gadang sebagai langkah awal merealisasikan filter-filter Prisma di video dan realitas virtual.

Belum diumbar kapan kemampuan pengeditan tanpa internet ini bisa dinikmati pengguna Android. Yang jelas, Prisma mengatakan pembubuhan satu filter di Prisma iOS kini cuma memakan waktu sekitar tiga detik.

Baca: Aplikasi Foto Prisma Lambat? Ini Tips Mempercepat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com