XL Bentangkan 1.600 Km Serat Optik di Kalimantan

Kompas.com - 24/08/2016, 17:46 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - PT XL Axiata Tbk. (XL) membangun ribuan kilometer kabel serat optik di wilayah Kalimantan. Kabel ini merupakan infrastruktur yang berperan penting dalam penyediaan layanan telekomunikasi di wilayah tersebut.

Chief Service Management XL, Yessie D. Yosetya mengatakan bahwa jaringan kabel serat optik yang baru dibangun itu antara lain mencakup jalur sepanjang 700 kilometer dari Banjarmasin hingga Balikpapan.

Kabel serat optik tersebut berguna dalam hal mendukung layanan telekomunikasi, seperti penyediaan 4G LTE, transmisi backbone, backhaul dan akses. Sebagian pembangunan tersebut dilakukan oleh XL sendiri, dan sebagian lainnya dilakukan melalui kerjasama dengan pihak lain.

“Kalimantan merupakan wilayah yang secara bisnis menjanjikan. Saat ini di seluruh Kalimantan, kami memiliki lebih dari 1,3 juta pelanggan. Selain itu, kami juga ingin bisa melayani masyarakat di daerah yang lebih pelosok untuk mendukung pemerintah dalam percepatan pembangunan,” ujar Yessie melalui keterangan resminya pada KompasTekno, Rabu (24/8/2016).

Yessie menambahkan kendala terbesar saat membangun jaringan kabel serat optik di Kalimantan adalah adanya lahan gambut. Jika terjadi kebakaran lahan, kabel serat optik yang tertanam di dalamnya juga rawan terbakar.

Selain proyek yang telah disebutkan di atas, jaringan kabel serat optik XL di Kalimantan saat ini ada di Takesung, Banjarmasin, Balikpapan, Sangatta, Pontianak, Singkawang, Samarinda, Sampit, Pangkalan Bun, serta Bontang. Total panjang kabel serat optik tersebut lebih dari 1.600 kilometer.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.