Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru Rilis Android 7.0 Nougat, Google Sudah Siapkan Penerus?

Kompas.com - 25/08/2016, 07:58 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Google baru saja menyebar Android Nougat 7.0 untuk lini Nexus beberapa hari lalu. Kini, beredar kabar bahwa versi Android Nougat 7.1 sudah dalam tahap persiapan untuk dirilis.

Hal ini terendus lewat laporan crash dan Android Not Responding alias ANR di konsol khusus pengembang, sebagaimana dilaporkan AndroidAuthority dan dihimpun KompasTekno, Kamis (25/8/2016).

Pada laman tersebut, tertera pilihan Android 7.1 di antara pilihan versi Android lainnya. Jika penamaan versi itu sudah ada di konsol pengembang, besar kemungkinannya akan segera terealisasi.

Baca: Google Sebar Android Nougat, Ini Daftar Perangkat yang Kebagian

Diketahui, versi Marshmallow hanya mendapat pembaruan minor satu kali, yakni dari versi 6.0 ke 6.0.1. Peningkataan dari versi 7.0 ke 7.1 diharapkan membawa pembaruan yang lebih signifikan, utamanya dari segi performa dan keamanan.

Tersedianya penamaan versi 7.1 mengindikasikan keseriusan Google pada Android Nougat. Raksasa mesin pencari itu memang berjanji bakal lebih sering mengadakan update untuk sistem operasi teranyarnya.

Meski demikian, Google belum mau berkomentar soal rumor kehadiran 7.1 dalam waktu dekat. Yang jelas, 7.0 tengah dipersiapkan untuk hadir di perangkat berbasis Android lainnya.

Seperti biasa, lini Nexus adalah yang pertama kebagian jatah Android termutakhir. Selanjutnya, untuk ponsel yang benar-benar baru, Android Nougat bakal terpasang pertama kali pada flaghsip LG V20 yang dijadwalkan meluncur pada September mendatang.

Baca: Daftar Xperia dan ZenFone yang Kebagian Update Android 7.0 Nougat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com