Baru Rilis Android 7.0 Nougat, Google Sudah Siapkan Penerus?

Kompas.com - 25/08/2016, 07:58 WIB
Nougat, cemilan manis yang dijadikan sebagai nama sistem operasi Android N. IstNougat, cemilan manis yang dijadikan sebagai nama sistem operasi Android N.
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Google baru saja menyebar Android Nougat 7.0 untuk lini Nexus beberapa hari lalu. Kini, beredar kabar bahwa versi Android Nougat 7.1 sudah dalam tahap persiapan untuk dirilis.

Hal ini terendus lewat laporan crash dan Android Not Responding alias ANR di konsol khusus pengembang, sebagaimana dilaporkan AndroidAuthority dan dihimpun KompasTekno, Kamis (25/8/2016).

Pada laman tersebut, tertera pilihan Android 7.1 di antara pilihan versi Android lainnya. Jika penamaan versi itu sudah ada di konsol pengembang, besar kemungkinannya akan segera terealisasi.

Baca: Google Sebar Android Nougat, Ini Daftar Perangkat yang Kebagian

Diketahui, versi Marshmallow hanya mendapat pembaruan minor satu kali, yakni dari versi 6.0 ke 6.0.1. Peningkataan dari versi 7.0 ke 7.1 diharapkan membawa pembaruan yang lebih signifikan, utamanya dari segi performa dan keamanan.

Tersedianya penamaan versi 7.1 mengindikasikan keseriusan Google pada Android Nougat. Raksasa mesin pencari itu memang berjanji bakal lebih sering mengadakan update untuk sistem operasi teranyarnya.

Meski demikian, Google belum mau berkomentar soal rumor kehadiran 7.1 dalam waktu dekat. Yang jelas, 7.0 tengah dipersiapkan untuk hadir di perangkat berbasis Android lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti biasa, lini Nexus adalah yang pertama kebagian jatah Android termutakhir. Selanjutnya, untuk ponsel yang benar-benar baru, Android Nougat bakal terpasang pertama kali pada flaghsip LG V20 yang dijadwalkan meluncur pada September mendatang.

Baca: Daftar Xperia dan ZenFone yang Kebagian Update Android 7.0 Nougat

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.