Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tahun Tim Cook Pimpin Apple, Profit Naik Inovasi Turun

Kompas.com - 25/08/2016, 15:26 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber USA Today

KOMPAS.com - Sudah lima tahun Tim Cook menjabat sebagai CEO Apple pasca Steve Jobs meninggal. Dalam kurun waktu tersebut, bisnis Apple dikatakan semakin kuat. Sayangnya, inovasi perusahaan dinilai mulai menurun.

Cook mampu meningkatkan harga saham dan pendapatan Apple hingga dua kali lipat. Dengan profit meningkat 84 persen selama lima tahun, Apple masih menjadi perusahaan teknologi terbesar di dunia.

Di tengah berita baik itu, ada tren buruk sepanjang 2016 yang perlu segera diantisipasi. Pada kuartal pertama lalu, Apple mencatat penurunan penjualan mobile untuk pertama kalinya selama satu dekade.

Meski harga saham Apple masih meningkat dari 2011, tetapi angka itu sebenarnya menurun pesat jika dibandingkan dengan nilai pada April 2015 lalu.

Senior analis di S&P Global Market Intelligence, Angelo Zino mengatakan, penurunan pertumbuhan sepanjang 2016 tak lepas dari minimnya inovasi Apple di bawah kepemimpinan Cook.

"Cook lebih baik mengurus operasional perusahaan, dan Jobs yang berinovasi," kata dia, sebagaimana dilaporkan USAToday dan dihimpun KompasTekno, Kamis (25/8/2016).

Jika bernostalgia ke empat tahun terakhir masa hidup Jobs, sang inovator telah meluncurkan empat inovasi yang mengubah peta industri perangkat teknologi.

Ia menciptakan iPhone pada 2007, lalu App Store pada 2008, komputer iMac 27 inci pada 2009, dan iPad pada 2010. Tentu saja penjabaran itu tak bermaksud mengerdilkan peran Cook.

Pria tersebut menghadapi tantangan dan era berbeda dengan Jobs. Ia sedang berupaya menyeimbangkan peran Apple yang tadinya fokus ke hardware untuk merambah ke software pula.

Hal ini terlihat dari pengembangan Artificial Intelligence, Augmented Reality, sistem operasi arloji pintar, dan hal-hal lain yang sedang berjalan. Hanya saja, waktu yang dibutuhkan Cook tak setaktis Jobs.

Meski demikian, Zino juga mengapresiasi pilihan Cook "menantang" Jobs dengan menciptakan iPhone 6 berlayar besar.

"Itu adalah produk fenomenal. Apple memutuskan berubah tapi akhirnya terbayar dengan hasil memuaskan," ia menuturkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber USA Today

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com