5 Tahun Tim Cook Pimpin Apple, Profit Naik Inovasi Turun

Kompas.com - 25/08/2016, 15:26 WIB
CEO Apple Tim Cook menunjukkan iPad Air 2 warna emas dalam acara di Cupertino, AS, Kamis (16/10/2014) The VergeCEO Apple Tim Cook menunjukkan iPad Air 2 warna emas dalam acara di Cupertino, AS, Kamis (16/10/2014)
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Sudah lima tahun Tim Cook menjabat sebagai CEO Apple pasca Steve Jobs meninggal. Dalam kurun waktu tersebut, bisnis Apple dikatakan semakin kuat. Sayangnya, inovasi perusahaan dinilai mulai menurun.

Cook mampu meningkatkan harga saham dan pendapatan Apple hingga dua kali lipat. Dengan profit meningkat 84 persen selama lima tahun, Apple masih menjadi perusahaan teknologi terbesar di dunia.

Di tengah berita baik itu, ada tren buruk sepanjang 2016 yang perlu segera diantisipasi. Pada kuartal pertama lalu, Apple mencatat penurunan penjualan mobile untuk pertama kalinya selama satu dekade.

Meski harga saham Apple masih meningkat dari 2011, tetapi angka itu sebenarnya menurun pesat jika dibandingkan dengan nilai pada April 2015 lalu.

Senior analis di S&P Global Market Intelligence, Angelo Zino mengatakan, penurunan pertumbuhan sepanjang 2016 tak lepas dari minimnya inovasi Apple di bawah kepemimpinan Cook.

"Cook lebih baik mengurus operasional perusahaan, dan Jobs yang berinovasi," kata dia, sebagaimana dilaporkan USAToday dan dihimpun KompasTekno, Kamis (25/8/2016).

Jika bernostalgia ke empat tahun terakhir masa hidup Jobs, sang inovator telah meluncurkan empat inovasi yang mengubah peta industri perangkat teknologi.

Ia menciptakan iPhone pada 2007, lalu App Store pada 2008, komputer iMac 27 inci pada 2009, dan iPad pada 2010. Tentu saja penjabaran itu tak bermaksud mengerdilkan peran Cook.

Pria tersebut menghadapi tantangan dan era berbeda dengan Jobs. Ia sedang berupaya menyeimbangkan peran Apple yang tadinya fokus ke hardware untuk merambah ke software pula.

Hal ini terlihat dari pengembangan Artificial Intelligence, Augmented Reality, sistem operasi arloji pintar, dan hal-hal lain yang sedang berjalan. Hanya saja, waktu yang dibutuhkan Cook tak setaktis Jobs.

Meski demikian, Zino juga mengapresiasi pilihan Cook "menantang" Jobs dengan menciptakan iPhone 6 berlayar besar.

"Itu adalah produk fenomenal. Apple memutuskan berubah tapi akhirnya terbayar dengan hasil memuaskan," ia menuturkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber USA Today

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.