Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah "SIM Card" yang Lebih Banyak dari Penduduk Tidak Sehat bagi Industri

Kompas.com - 25/08/2016, 18:09 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara memaparkan jumlah pengguna layanan telekomunikasi ternyata lebih besar dari total jumlah penduduk Indonesia. Perhitungan itu dibuat berdasar total kartu SIM (subscriber identity module) yang beredar saat ini.

Peredaran kartu SIM (SIM card) yang melebihi jumlah penduduk itu bukanlah pertanda baik. Menurut Rudiantara, hal tersebut terkait dengan kondisi pasar telekomunikasi Indonesia yang cenderung murah saat menelepon ke sesama operator (On-Net), ketimbang menelepon ke beda operator (Off-Net).

Masyarakat Indonesia, terutama di kelas bawah, cenderung sensitif terhadap perbedaan harga, sehingga selisih harga On-Net dan Off-Net yang tinggi pun mengakibatkan munculnya kebiasanya tersebut.

“Di masyarakat bawah yang daya beli rendah mereka kenapa punya lebih dari satu ponsel atau SIM? karena industri menggerakkannya ke arah On-Net, jadi pengguna diberi promosi kalau percakapan sesama operator. Tapi kalau beda operator tarifnya mahal,” ujar Rudiantara dalam sesi Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi 1 DPR, di Gedung MPR/DPR, Rabu (24/8/2016) lalu.

“Rasionya ada yang 11 kali ada yang 10 kali lipat, macam-macam. Jadi masyarakat merasa kalau mau telepon saudara saya yang pakai operator A, maka saya pakai nomor operator A. Begitu juga kalau pakai operator B. Akibatnya mereka mesti punya dua operator (SIM card) atau lebih,” imbuhnya.

Dari total kartu SIM sebanyak 350 juta keping itu, menurut Rudiantara, hanya sekitar 160 hingga 170 juta saja yang merupakan pelanggan nyata. Sisanya merupakan orang-orang yang terpaksa menjadi pelanggan operator tertentu demi bisa mendapat tarif murah.

Dampak dari hal di atas, operator jadi terbebani. Meski hanya sekitar setengahnya saja yang merupakan pelanggan asli, operator pemilik kartu SIM tetap harus merawat sistem untuk kartu-kartu "sekunder" yang jarang dipakai tersebut. Untuk merawatnya, dibutuhkan biaya.

“SIM card itu walau tidak tahu punya siapa, mesti dipelihara oleh operator menggunakan software dan membayar kepada vendor,” pungkasnya.

Pengaruh ke industri ponsel

Agar bisa memakai lebih dari satu kartu SIM sekaligus, pengguna sudah tentu memerlukan lebih dari satu ponsel. Dengan mempertimbangkan hal tersebut, kebiasaan masyarakat mengejar promosi On-Net berdampak juga pada jumlah ponsel yang diimpor ke Indonesia.

Rudiantara mengatakan, saat ini setiap tahun terdapat 50 hingga 60 juta unit ponsel yang diimpor ke Indonesia.

Nilai tersebut menyumbang defisit perdagangan sampai miliaran dollar AS, sehingga sudah harus dikurangi.

“Kita diminta untuk mengurangi. Selama ini kita merogoh devisa hingga 5 miliar dollar AS (sekitar Rp 66 triliun) untuk membeli ponsel,” ujar Rudiantara

Pengaturan rasio On-Net dan Off-Net

Sebagai solusi terhadap masalah tersebut, Rudiantara mengatakan sedang mengkaji perhitungan untuk membatasi rasio tarif On-Net dan Off-Net.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com