Kompas.com - 25/08/2016, 20:12 WIB
Model menunjukkan ponsel Samsung Galaxy J3 (2016) yang diluncurkan dalam sebuah acara di Jakarta, Kamis (2/6/2016) Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.comModel menunjukkan ponsel Samsung Galaxy J3 (2016) yang diluncurkan dalam sebuah acara di Jakarta, Kamis (2/6/2016)
Penulis Deliusno
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Samsung Galaxy J1 Mini dinobatkan sebagai smartphone yang paling laris atau laku dibeli sepanjang kuartal ke-II 2016 (April - Juni) di Indonesia. Perangkat tersebut menjadi "raja" di Tanah Air dengan menguasai pangsa pasar sebesar 5,2 persen.

Laporan pasar itu sendiri dirilis oleh firma Counterpoint, sebuah lembaga riset yang berpusat di Asia.

Lebih lanjut, masih menurut Counterpoint, Samsung menjadi pemimpin pasar smartphone di Indonesia dengan pangsa sebesar 22 persen.

Menariknya, kebanyakan smartphone Samsung yang laku terjual di kuartal ke-II itu tidak berasal dari lini premium. Samsung seri J dikatakan berkontribusi lebih dari setengah penjualan smartphone Samsung.

Selain Galaxy J1 Mini, yang duduk di puncak, Galaxy J2, Galaxy J1 2016, Galaxy J3, dan Galaxy J1 berada dalam daftar tersebut.

Secara berurutan, ketiga perangkat itu ada di posisi 2 (pangsa pasar 4,6 persen), posisi 6 (pangsa pasar 3,6 persen), posisi 9 (pangsa pasar 2,2 persen), dan posisi 10 (pangsa pasar 1,7 persen).

Sementara itu, posisi ketiga dan keempat smartphone yang paling laku di Indonesia ditempati oleh vendor Oppo dengan perangkat Oppo F1 dan Oppo Neo 7.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Oleh Counterpoint, Oppo disebut berada di posisi ke-2 sebagai produsen dengan jumlah pengiriman perangkat terbanyak di kuartal ke-II dengan pangsa pasar mencapai 17,3 persen.

Strategi yang agresif dikatakan sebagai satu kunci keberhasilan Oppo di kuartal tersebut.

Berikut 10 smartphone yang paling banyak dibeli di Indonesia pada kuartal ke-II 2016, sebagaimana KompasTekno rangkum langsung dari keterangan resmi Counterpoint, Kamis (25/8/2016).

Counterpoint 10 smartphone terlaku di Indonesia pada Q2 2016

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.