Pendiri Apple Tak Setuju Colokan "Earphone" Hilang dari iPhone 7

Kompas.com - 26/08/2016, 15:33 WIB
Steve Wozniak Marcel Antonisse/AFPSteve Wozniak
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Apple dikabarkan bakal menanggalkan port (colokan)audio 3,5 mm yang biasa dipakai untuk mengubungkan earphone/headphone,dari perangkat iPhone berikutnya. Ada berbagai alternatif pengganti yang bisa dipilih.

Co-founder Apple, Steve Wozniak, tak senang dengan rencana itu. Menurut dia, port audio 3,5 mm masih menjadi medium terbaik untuk mendengar musik secara mobile.

"Saya tak akan pakai Bluetooth, saya juga tak suka wireless," kata Wozniak, sebagaimana dilaporkan The Next Web dan dihimpun KompasTekno, Kamis (25/8/2016).

Wozniak mengatakan sambungan musik via Bluetooth memang tampak lebih praktis karena tak melibatkan kabel. Meski demikian, suara yang dihasilkan belum bisa meyamai kualitas perantara kabel.

"Suara headphone Bluetooth tak sekaya headphone yang terhubung keport audio," ia menuturkan.

Alternatif

Menurut beberapa sumber, ada tiga alternatif yang bakal digunakan Apple jika benar-benar menghapus colokan earphone. itu. Selain menggunakan Bluetooth, Apple juga bisa menyiapkan adaptor khusus.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

The Verge Jack audio 3,5 mm, port Lightning dan grill speaker di bagian bawah iPhone 6S
Yang lebih santer beredar, Apple dikatakan bakal menambah fungsi port Lightning sebagai penghubung audio pula. Jadi, Lightning bakal mengakomodir kemampuan transfer data, pengecasan baterai, dan mendengarkan lagu.

Baca: Konektor Lightning Punya Tugas Tambahan di iPhone 7?

Hingga sekarang, Apple belum mengonfirmasi isu colokan earphone/headphone yang dihilangkan dari iPhone 7, apalagi alternatif pengganti yang disediakan. Apple sendiri baru akan merilis iPhone seri barunya itu pada September nanti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.