Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendiri Apple Tak Setuju Colokan "Earphone" Hilang dari iPhone 7

Kompas.com - 26/08/2016, 15:33 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Apple dikabarkan bakal menanggalkan port (colokan)audio 3,5 mm yang biasa dipakai untuk mengubungkan earphone/headphone,dari perangkat iPhone berikutnya. Ada berbagai alternatif pengganti yang bisa dipilih.

Co-founder Apple, Steve Wozniak, tak senang dengan rencana itu. Menurut dia, port audio 3,5 mm masih menjadi medium terbaik untuk mendengar musik secara mobile.

"Saya tak akan pakai Bluetooth, saya juga tak suka wireless," kata Wozniak, sebagaimana dilaporkan The Next Web dan dihimpun KompasTekno, Kamis (25/8/2016).

Wozniak mengatakan sambungan musik via Bluetooth memang tampak lebih praktis karena tak melibatkan kabel. Meski demikian, suara yang dihasilkan belum bisa meyamai kualitas perantara kabel.

"Suara headphone Bluetooth tak sekaya headphone yang terhubung keport audio," ia menuturkan.

Alternatif

Menurut beberapa sumber, ada tiga alternatif yang bakal digunakan Apple jika benar-benar menghapus colokan earphone. itu. Selain menggunakan Bluetooth, Apple juga bisa menyiapkan adaptor khusus.

The Verge Jack audio 3,5 mm, port Lightning dan grill speaker di bagian bawah iPhone 6S
Yang lebih santer beredar, Apple dikatakan bakal menambah fungsi port Lightning sebagai penghubung audio pula. Jadi, Lightning bakal mengakomodir kemampuan transfer data, pengecasan baterai, dan mendengarkan lagu.

Baca: Konektor Lightning Punya Tugas Tambahan di iPhone 7?

Hingga sekarang, Apple belum mengonfirmasi isu colokan earphone/headphone yang dihilangkan dari iPhone 7, apalagi alternatif pengganti yang disediakan. Apple sendiri baru akan merilis iPhone seri barunya itu pada September nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com