Cara Stop WhatsApp Serahkan Data Anda ke Facebook

Kompas.com - 27/08/2016, 20:06 WIB
Ilustrasi ForbesIlustrasi
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - WhatsApp kini bisa membagi data pengguna ke perusahaan induknya, Facebook, jika pengguna mengizinkan. Beberapa data yang dimaksud adalah nomor telepon dan kebiasaan pemakaian aplikasi.

Baca: Resmi, WhatsApp Serahkan Data ke Facebook

Bila tak nyaman dengan kebijakan baru dua perusahaan tersebut, ada dua cara menolaknya, sebagaimana dilaporkan TheVerge dan dihimpun KompasTekno, Sabtu (27/8/2016).

Pertama, saat mendapat pemberitahuan dari WhatsApp soal kebijakan itu, jangan serta-merta menekan "Agree". Anda bisa menekan opsi bertuliskan "Read more about the key...". Meski ukurannya dibuat lebih kecil, opsi tersebut terletak persis di bawah tombol "Agree". (Baca: Ada Pesan Penting Saat Buka WhatsApp Hari Ini)

Setelah menekan opsi pembacaan lebih lanjut itu, Anda bisa menghapus centang bertajuk "Share my WhatsApp account information with Facebook". Opsi tersebut memberi Anda pilihan untuk tak membagi informasi akun WhatsApp ke Facebook.

WhatsApp Syarat baru penggunaan WhatsApp

Jika Anda terlanjur menekan "Agree" sebelum membaca artikel ini, ada cara kedua yang bisa dilakukan. Anda cuma perlu masuk ke menu penyetelan aplikasi lalu tekan tab akun di bagian "Settings | Account". Kemudian hilangkan centan di pilihan "Share my account info".

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Yang harus diperhatikan, cara kedua ini hanya bisa dilakukan maksimal 30 hari sejak Facebook menampilkan pembaruan ketentuan privasi di WhatsApp.

WhatsApp Opsi untuk menonaktifkan pilihan penyerahan data ke Facebook di aplikasi WhatsApp.


Menolak data diserahkan ke Facebook bukan berarti pengguna tidak akan mendapatkan iklan di WhatsApp. Pengguna tetap akan mendapat pesan iklan melalui broadcast di WhatsApp. (Baca: WhatsApp Dipastikan Bakal Dijejali Iklan)

Menurut keterangan resmi WhatsApp, pembagian data pengguna ke Facebook didasarkan pada alasan kenyamanan. WhatsApp mengklaim hal itu akan membantu pengguna bertemu teman di Facebook dan mendapat iklan sesuai minat di layanan yang didirikan Mark Zuckerberg itu.

WhatsApp dan Facebook menjamin tak bakal membagi atau menjual data pengguna ke pengiklan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber The Verge

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.