Jualan Kamera di Indonesia, Fujifilm Andalkan Media Sosial

Kompas.com - 28/08/2016, 08:56 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Posisi Fujifilm di pasaran kamera mirrorless Indonesia meningkat dari sekadar anak bawang menjadi pabrikan nomor satu pada pertengahan 2016. Apa rahasianya?

Electronics Imaging Sales Manager Fujifilm Indonesia Wawan Setiawan menuturkan salah satu upaya yang berperan mewujudkan pencapaian itu adalah kampanye pemasaran lewat media sosial.

“Sampai saat ini kempanye lewat media sosial cukup efektif. Peningkatan pasar kami adalah dampak langsungnya,” ujar Wawan ketika ditemui KompasTekno di sela acara photo trip Fujifilm di Pulau Kanawa, Nusa Tenggara Timur, Kamis (25/8/2016).

“Pengguna internet di Indonesia meningkat terus, terutama dari mobile. Kami manfaatkan itu untuk jalankan campaign di media sosial,” lanjut dia.

Fujifilm Indonesia antara lain melancarkan promosi lewat Facebook dan Instagram. Pabrikan kamera asal Jepang itu juga menggandeng sejumlah fotografer terkemuka sebagai ambassador dengan sebutan “X Photographers” dan “X Influencers”, berdasarkan lini kamera mirrorless fuji yang bernama “X series”.

Para fotografer ini memiliki komunitas foto dan pengikut masing-masing di media sosial sehingga lebih jauh mendongkrak popularitas Fujifilm di ranah maya.

Wawan mencontohkan photo trip ke sejumlah lokasi di wilayah Nusa Tenggara Timur yang diadakan Fujifilm pada kesempatan itu, yang ditujukan sebagai ajang unjuk gigi sekaligus peluncuran kamera terbaru, X-T2.

“Kami mengajak para fotografer ikut serta, sehingga bisa serentak mempublkasikan preview dari X-T2 di media sosial masing-masing,” kata Wawan.

Diikuti di negara lain

Menurut Wawan, di antara anak perusahaan Fujifilm lain di kawasan Asia Tenggara, Fujifilm Indonesia merupakan yang pertama kali melancarkan kampanye promosi lewat media sosial.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.