Kompas.com - 29/08/2016, 10:19 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Minggu lalu, Fujifilm Indonesia mengadakan photo trip ke sejumlah daerah di kepulauan Nusa Tenggara. Mengajak serta sejumlah fotografer ternama, perjalanan bertajuk "Xpedition X-T2” ini dimaksudkan sebagai ajang unjuk gigi kamera mirrorless terbaru Fujifilm, X-T2.

Para peserta diajak menguji X-T2 dalam memotret aneka macam subyek foto, mulai dari landscape pantai, taburan bintang di langit, hingga satwa liar. Dengan begini, Fujifilm berharap fotografer-fotografer di Tanah Air bisa mengetahui kebolehan X-T2, terutama mereka yang selama ini menggunakan DSLR tradisional.

“Kami memang menyasar para profesional yang biasa memakai DSLR dengan X-T2, supaya mereka mau beralih ke Fujifilm,” ujar Electronics Imaging Sales Manager Fujifilm Indonesia Wawan Setiawan ketika ditemui KompasTekno di sela acara.

Dia melanjutkan, dari segi bentuk fisik, mirrorless seri X-T dari Fujifilm memang sengaja dirancang agar mirip dengan DSLR. Electronic Viewfinder (EVF) kamera ini ditempatkan di dalam “punuk” di bagian tengah. Sisi depannya pun dibekali tonjolan handgrip supaya mudah digenggam seperti DSLR.

Desain seri X-T berbeda dari seri X-Pro yang sama-sama duduk di puncak hierarki kamera mirrorless Fujifilm. Seri X-Pro yang memiliki bentuk serupa rangefinder jadul (EVF di sisi kiri, bukan di dalam punuk) disebut Wawan lebih cocok untuk para pehobi foto yang gemar street photography atau membawa kamera untuk traveling.

“Nah, kalau X-T2 ini lebih sesuai untuk profesional, misalnya dipakai wedding photography, membuat company profile, atau fotografi komersil,” imbuh dia.

Fujifilm Articulating LCD pada Fujifilm XT-2
X-T2 sendiri mengusung sejumlah perubahan dibanding kamera sebelumnya, X-T1. Fujifilm menanam sensor baru dengan resolusi 24 megapiksel, juga kemampuan merekam video 4K.

Dari sisi luar, X-T2 kini dibekali joystick khusus untuk memilih AF point layaknya DSLR profesional. Ada juga layar flip screen yang bisa ditekuk dalam orientasi portrait (selain landscape) sehingga mempermudah pemotretan low-angle.

Fujifilm Indonesia berencana mulai menjual X-T2 di pasaran Indonesia mulai akhir September mendatang. Banderol harganya dipatok di kisaran Rp 20 juta untuk versi body only.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.