Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fujifilm Coba Merayu Fotografer DSLR

Kompas.com - 29/08/2016, 10:19 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Minggu lalu, Fujifilm Indonesia mengadakan photo trip ke sejumlah daerah di kepulauan Nusa Tenggara. Mengajak serta sejumlah fotografer ternama, perjalanan bertajuk "Xpedition X-T2” ini dimaksudkan sebagai ajang unjuk gigi kamera mirrorless terbaru Fujifilm, X-T2.

Para peserta diajak menguji X-T2 dalam memotret aneka macam subyek foto, mulai dari landscape pantai, taburan bintang di langit, hingga satwa liar. Dengan begini, Fujifilm berharap fotografer-fotografer di Tanah Air bisa mengetahui kebolehan X-T2, terutama mereka yang selama ini menggunakan DSLR tradisional.

“Kami memang menyasar para profesional yang biasa memakai DSLR dengan X-T2, supaya mereka mau beralih ke Fujifilm,” ujar Electronics Imaging Sales Manager Fujifilm Indonesia Wawan Setiawan ketika ditemui KompasTekno di sela acara.

Dia melanjutkan, dari segi bentuk fisik, mirrorless seri X-T dari Fujifilm memang sengaja dirancang agar mirip dengan DSLR. Electronic Viewfinder (EVF) kamera ini ditempatkan di dalam “punuk” di bagian tengah. Sisi depannya pun dibekali tonjolan handgrip supaya mudah digenggam seperti DSLR.

Desain seri X-T berbeda dari seri X-Pro yang sama-sama duduk di puncak hierarki kamera mirrorless Fujifilm. Seri X-Pro yang memiliki bentuk serupa rangefinder jadul (EVF di sisi kiri, bukan di dalam punuk) disebut Wawan lebih cocok untuk para pehobi foto yang gemar street photography atau membawa kamera untuk traveling.

“Nah, kalau X-T2 ini lebih sesuai untuk profesional, misalnya dipakai wedding photography, membuat company profile, atau fotografi komersil,” imbuh dia.

Fujifilm Articulating LCD pada Fujifilm XT-2
X-T2 sendiri mengusung sejumlah perubahan dibanding kamera sebelumnya, X-T1. Fujifilm menanam sensor baru dengan resolusi 24 megapiksel, juga kemampuan merekam video 4K.

Dari sisi luar, X-T2 kini dibekali joystick khusus untuk memilih AF point layaknya DSLR profesional. Ada juga layar flip screen yang bisa ditekuk dalam orientasi portrait (selain landscape) sehingga mempermudah pemotretan low-angle.

Fujifilm Indonesia berencana mulai menjual X-T2 di pasaran Indonesia mulai akhir September mendatang. Banderol harganya dipatok di kisaran Rp 20 juta untuk versi body only.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com