5 Surat Keberatan Telkomsel soal Interkoneksi Belum Direspons Kominfo

Kompas.com - 30/08/2016, 09:01 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua operator "ibu-anak", Telkom dan Telkomsel, sudah lima kali mengirim surat keberatan ke Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) terkait keputusan penurunan tarif interkoneksi rata-rata 26 persen.

Hal tersebut disampaikan Direktur Utama PT Telkom Indonesia, Alex Sinaga, dalam RDP Komisi 1 DPR RI, Kamis (25/8/2016) pekan lalu, di Gedung Nusantara II, Komplek DPR Senayan, Jakarta.

"Telkom dan Telkomsel bersamaan mengirim surat tapi tidak ada balasan," kata dia.

Lima surat tersebut masing-masing tertanggal 3 Juni 2016, 14 Juni 2016, 30 Juni 2016, 11 Agustus 2016, dan 12 Agustus 2016.

Tiga surat pada bulan Juni dilayangkan pasca Menkominfo Rudiantara menyampaikan ke seluruh CEO operator seluler bahwa biaya interkoneksi akan diturunkan 26 persen dan berlaku simetris alias sama rata.

Alih-alih membalas tiga surat dari Telkom dan Telkomsel, Rudiantara malah mengeluarkan Surat Edaran No. 1153/M.Kominfo/PI.0204/08/2016 pada 2 Agustus lalu. Isi Surat Edaran itu menguatkan informasi yang disampaikan Menkominfo sebelumnya.

Baca: Kemenkominfo Tetapkan Tarif Interkoneksi Baru

Surat Edaran tersebut belum disahkan secara hukum. Ketuk palunya dijadwalkan pada 1 September 2016 mendatang.

Dua operator pelat merah itu pun kembali melayangkan surat keberatan pada 11 dan 12 Agustus 2016. Menurut pengakuan Alex dan Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah, dua surat itu juga tak mendapat respons.

Selain lewat surat, Alex mengatakan telah mengajukan keberatan secara lisan ke Rudiantara. Menteri yang kerap disapa RA tersebut, kata Alex, hanya menganjurkan Telkom dan Telkomsel untuk menyurat secara resmi.

Halaman:



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.