BlackBerry Cari "Utangan" Rp 8 Triliun dari Investor

Kompas.com - 31/08/2016, 10:29 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - BlackBerry bakal menjual surat utang alias obligasi ke sejumlah pemegang saham. Perusahaan Waterloo tersebut berharap dapat mengumpulkan dana segar sebesar 605 juta dollar AS atau sekitar Rp 8 triliun.

Instrumen utang baru itu memiliki bunga 3,75 persen dan jatuh tempo pada 2020 mendatang, sebagaimana dilaporkan Android Headlines dan dihimpun KompasTekno, Rabu (31/8/2016).

Surat utang yang dijual BlackBerry berjenis obligasi konversi sehingga pembeli bisa menukarkannya dengan saham. Adapun saham yang dikonversi setara dengan 11,5 persen saham BlackBerry yang beredar di pasaran saat ini.

Salah satu perusahaan yang berminat membeli obligasi BlackBerry adalah Fairfax Financial Holdings. Perusahaan asuransi tersebut tercatat sebagai salah satu pemegang saham mayoritas BlackBerry saat ini.

Saat ini Fairfax memegang lebih kurang 9 persen dari total saham BlackBerry. Angka itu menjadikannya sebagai perusahaan pemegang saham BlackBerry terbesar kedua.

Bisnis Fairfax sendiri diketahui kurang baik beberapa waktu terakhir. Perusahaan tersebut sedang menjalankan "situasi pemulihan" dan tampaknya berangsur membaik.

Selain Fairfax, belum jelas pemegang saham mana lagi yang berminat membeli surat utang BlackBerry. Vendor ponsel yang pernah berjaya di pertengahan 2000-an itu juga tak mengungkap rencana selanjutnya setelah mengantungi dana segar.

CEO BlackBerry, John Chen, mengatakan perusahaannya bakal melakukan inovasi-inovasi baru agar kembali mencetak profit. Ia mematok target hingga September untuk menetapkan arah BlackBerry selanjutnya.

Diketahui, kejayaan BlackBerry di industri smartphone sudah jauh terjadi sebelum vendor-vendor semacam Apple, Samsung, dan Huawei merajai industri ini. Beberapa upaya telah dilakukan BlackBerry untuk kembali menduduki posisinya yang dulu, seperti mengadopsi OS Android. Namun, hingga kini strategi tersebut belum menunjukkan tanda-tanda keberhasilan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.