Intel Resmikan Prosesor Core i Generasi ke-7 “Kaby Lake”

Kompas.com - 31/08/2016, 14:23 WIB
Intel Core i Series. istIntel Core i Series.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Sesuai janjinya, minggu ini Intel meresmikan kehadiran keluarga baru prosesor desktop dan laptop Core i Generasi ke-7.

Prosesor berkode nama “Kaby Lake” tersebut merupakan penyempurnaan dari seri prosesor sebelumnya, Skylake (Core i Generasi ke-6) meski sama-sama diproduksi dengan teknologi fabrikasi 14 nm.

Menurut keterangan Intel dalam laporan yang dirangkum KompasTekno dari The Verge, Rabu (31/8/2016), Kaby Lake 10 kali lebih efisien daya dibandingkan keluarga prosesor Core i generasi pertama, sedangkan Sky Lake hanya 8 kali lebih efisien.

Pengolah grafis (GPU) terintegrasi di dalamnya juga lebih bertenaga dan dirancang agar mampu memutar video 4K dan video 360 derajat, selain memiiki dukungan codec HEVC 10-bit.

Kaby Lake turut mendukung berbagai macam interface modern, seperti Thunderbolt 3, HDCP 2.2, dan USB Type-C.

Prosesor Intel Core i Generasi ke-7 ini merupakan model yang ditujukan untuk mengisi “gap” sebelum Intel meluncurkan seri prosesor Cannonlake dengan teknologi fabrikasi 10nm, tahun depan.

Kaby Lake akan tersedia dalam berbagai varian seri prosesor Core M, Core i3, Core i5, dan Core i7. Para vendor komputer rekanan Intel dijadwalkan mulai menjual produk berbasis Kaby Lake pada September mendatang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.