Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intel Resmikan Prosesor Core i Generasi ke-7 “Kaby Lake”

Kompas.com - 31/08/2016, 14:23 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Sesuai janjinya, minggu ini Intel meresmikan kehadiran keluarga baru prosesor desktop dan laptop Core i Generasi ke-7.

Prosesor berkode nama “Kaby Lake” tersebut merupakan penyempurnaan dari seri prosesor sebelumnya, Skylake (Core i Generasi ke-6) meski sama-sama diproduksi dengan teknologi fabrikasi 14 nm.

Menurut keterangan Intel dalam laporan yang dirangkum KompasTekno dari The Verge, Rabu (31/8/2016), Kaby Lake 10 kali lebih efisien daya dibandingkan keluarga prosesor Core i generasi pertama, sedangkan Sky Lake hanya 8 kali lebih efisien.

Pengolah grafis (GPU) terintegrasi di dalamnya juga lebih bertenaga dan dirancang agar mampu memutar video 4K dan video 360 derajat, selain memiiki dukungan codec HEVC 10-bit.

Kaby Lake turut mendukung berbagai macam interface modern, seperti Thunderbolt 3, HDCP 2.2, dan USB Type-C.

Prosesor Intel Core i Generasi ke-7 ini merupakan model yang ditujukan untuk mengisi “gap” sebelum Intel meluncurkan seri prosesor Cannonlake dengan teknologi fabrikasi 10nm, tahun depan.

Kaby Lake akan tersedia dalam berbagai varian seri prosesor Core M, Core i3, Core i5, dan Core i7. Para vendor komputer rekanan Intel dijadwalkan mulai menjual produk berbasis Kaby Lake pada September mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com