Insiden Kedua Galaxy Note 7 dan Penundaan Pengiriman

Kompas.com - 01/09/2016, 09:56 WIB
Galaxy Note 7 berdampingan Reza Wahyudi/Kompas.comGalaxy Note 7 berdampingan
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com — Kurang dari seminggu, insiden terbakarnya Galaxy Note 7 kembali terjadi di China. Sama seperti sebelumnya, kejadian ini terjadi saat phablet yang baru saja diluncurkan Samsung tersebut terbakar saat sedang di-charge atau diisi ulang daya baterainya.

"Ponsel teman saya (yang terbakar). Karyawan Samsung sudah datang menemuinya dan mereka membicarakan tentang kompensasi dari Samsung," ujar seorang netizen China di platform Kakao Story, dikutip KompasTekno dari Business Korea, Kamis (1/9/2016).

Baca: Sedang Di-charge, Galaxy Note 7 Hangus Terbakar

Business Korea Galaxy Note 7 yang terbakar di China.
Foto Galaxy Note 7 yang dimaksud pun beredar di dunia maya. Foto itu memperlihatkan perangkat Galaxy Note 7 yang hangus terbakar di salah satu sisinya.

Laporan menyebutkan perangkat tersebut sedang di-charge menggunakan kabel konverter microUSB-USB Type C.

Galaxy Note 7 memang dibekali dengan konektor USB Type-C yang tergolong baru. Pengguna yang tidak memiliki charger dengan port USB Type-C akan kesulitan untuk mengisi ulang daya baterainya.

Untuk itu, diperlukan adaptor atau konverter USB Type-C ke microUSB yang lebih umum dipakai saat ini dan banyak tersedia.

Namun, tidak diketahui apakah pemilik Galaxy Note 7 itu menggunakan adaptor microUSB-USB Type C resmi atau buatan pihak ketiga. Samsung sendiri menyertakan konverter tersebut dalam paket penjualannya.

Setelah terjadi dua insiden dalam seminggu, netizen China pun khawatir jika peristiwa ini akan kembali terulang. Sebagian berpendapat pengguna harus berhati-hati saat mengisi ulang baterai atau setidaknya meletakkannya jauh-jauh.

Sebagian lagi meragukan insiden tersebut. Pasalnya, kerusakan Galaxy Note 7 kali ini mirip dengan foto yang beredar sebelumnya.

Meski demikian, mereka sepakat bahwa untuk memastikan supaya tidak terjadi insiden kembali, lebih baik menggunakan aksesori resmi.

Galaxy Note 7 ditunda

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X