Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Batalkan Smartphone "Bongkar Pasang" Project Ara?

Kompas.com - 02/09/2016, 16:27 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber Reuters

KOMPAS.com - Ada kabar buruk bagi yang sudah lama menantikan smartphone modular bikinan Google, Project Ara. Kabar yang santer beredar di internet menyebutkan, Google sudah atau setidaknya sedang mempertimbangkan untuk menghentikan proyek ambisius tersebut.

Menurut sumber dari internal Google yang menolak disebutkan namanya, Project Ara akan dihentikan karena adanya perubahan strategi perusahaan. Raksasa internet itu dikatakan sedang berusaha mengurangi proyek yang terkait dengan pembuatan dan pengembangan hardware, seperti Project Ara ini.

Akan tetapi, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Reuters, Jumat (2/9/2016), Project Ara tampaknya belum akan benar-benar dihentikan.

Sang sumber menyebutkan, Google bisa saja mencari rekanan produsen hardware yang mau mewujudkan Project Ara. Raksasa mesin pencari itu tinggal membuat perjanjian lisensi saja, mirip strategi smartphone Nexus.

Dalam strategi tersebut, Google menunjuk beberapa vendor smartphone ternama untuk mengembangkan perangkat berbasis Android, Nexus. Sang rekanan tidak bekerja sendiri, melainkan bekerja bersama Google untuk mewujudkan Nexus tersebut.

Project Ara sendiri awalnya diproyeksikan untuk dirilis pada musim gugur 2017 mendatang.
Publik pun sangat antusias dan menunggu-nunggu terwujudnya smartphone "bongkar pasang" tersebut.

Project Ara merupakan upaya membuat smartphone yang komponennya bisa dilepas pasang. Misalnya, pengguna bisa mengganti kamera, baterai, speaker, hingga layar sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya.

Google sendiri belum angkat bicara soal rumor penghentian Project Ara ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com