Samsung Resmi "Recall" Galaxy Note 7

Kompas.com - 02/09/2016, 17:35 WIB
Samsung Galaxy Note 7 berikut kotak kemasannya. Oik Yusuf/ KOMPAS.comSamsung Galaxy Note 7 berikut kotak kemasannya.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Samsung resmi menarik peredaraan (recall) smartphone Galaxy Note 7 yang dirilis awal Agustus lalu. Langkah ini diambil Samsung setelah banyaknya laporan kasus baterai yang meledak atau terbakar di beberapa negara.

Dalam sebuah pernyataan tertulis resmi, Jumat (2/8/2016), juru bicara Samsung mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen membuat produk dengan kualitas terbaik dan menanggapi semua insiden secara serius.

"Terkait laporan tentang kasus yang menimpa Galaxy Note 7 yang terjadi baru-baru ini, kami telah melakukan investigasi dan menemukan kendala dalam baterai," ujar juru bicara itu.

Menurut Samsung, hingga kini (1 September 2016) sudah ada 35 kasus yang dilaporkan secara global dan Samsung melakukan inspeksi menyeluruh dengan para penyuplainya untuk mengidentifikasi, apakah ada baterai-baterai lain yang terkena imbasnya yang beredar di pasar.

Untuk tujuan itulah, maka Samsung memutuskan untuk menghentikan penjualan Galaxy Note 7.

"Mengingat keamanan konsumen adalah prioritas utama bagi Samsung, maka kami harus menghentikan penjualan Galaxy Note 7," ujar juru bicara tersebut.

Bagi konsumen yang telah memiliki Galaxy Note 7, Samsung akan menggantinya dengan unit yang baru dalam beberapa minggu ke depan.

Masalah baterai

Sementara dikutip KompasTekno dari kantor berita Korea Selatan, Yohnap, masalah baterai diperkirakan hanya menimpa 0,1 persen dari keseluruhan unit Galaxy Note 7 yang terjual, tapi perusahaan asal Negeri Ginseng ini tak mau ambil risiko.

“Masalahnya bisa diperbaiki dengan mengganti baterai perangkat, tapi kami akan mengajukan solusi untuk para konsumen,” ujar seorang pejabat Samsung yang tidak mau disebut namanya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X