Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Nasib Pemesan Galaxy Note 7 di Indonesia?

Kompas.com - 02/09/2016, 20:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Samsung Electronics Indonesia akhirnya angkat bicara soal penarikan kembali (recall) Galaxy Note 7. Sebelumnya, Samsung pusat telah mengumumkan rencana recall seluruh unit Galaxy Note 7 di pasaran.

Samsung telah memutuskan pembatalan seluruh pemesanan dalam pre order Galaxy Note 7 di Indonesia. Ini berarti konsumen yang sudah memesan akan dibatalkan transaksinya.

"Sebagai rasa tanggung jawab Samsung Electronics Indonesia akan melakukan pengembalian dana pembelian secara utuh kepada konsumen Indonesia yang telah melakukan pre order, tulis Samsung dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Jumat (2/9/2016) malam.

Selain refund, pemesan awal Galaxy Note 7 dijanjikan Samsung akan mendapatkan kompensasi khusus. Detail kompensasi yang diberikan akan diinformasikan Samsung langsung ke konsumen. (Baca: Pre-order Galaxy Note 7 Batal, Ini Ganti Rugi dari Samsung)

Sebelumnya, Samsung sudah membuka pre order Galaxy Note 7 sejak 5 Agustus lalu dan menjanjikan unitnya bisa diterima pada 1 September. Dua hari menjelang pengiriman produk, Samsung mengumumkan penundaan hingga 17 September. Janji kedua ini pun akhirnya gugur seiring langkah recall Galaxy Note 7 secara global.

"Samsung Electronics Indonesia memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi dan menghargai kesabaran konsumen yang telah melakukan pre-order Galaxy Note7," tulis Samsung.

Terkait dengan keputusan penarikan kembali Galaxy Note 7 secara global, Samsung Indonesia pun belum dapat memberikan tanggal yang pasti ketersediaan Galaxy Note7 di Tanah Air.

Konsumen yang memiliki pertanyaan soal Galaxy Note 7 bisa menghubungi call center Samsung Indonesia di nomor toll free 0-800-112-8888 atau (021) 5699-7777. Bisa juga melalui layanan live chat di situs Samsung Indonesia.

Di sejumlah negara, Samsung berencana menarik kembali seluruh Galaxy Note 7 baik dari pasar maupun yang sudah diterima konsumen dan menggantinya dengan unit yang baru. Sejauh ini Samsung telah menjual sebanyak 2,5 juta unit Galaxy Note 7 di sepuluh negara.

Keputusan untuk me-recall Galaxy Note 7 diambil Samsung setelah adanya sejumlah laporan kasus baterai yang meledak atau terbakar. (Baca: Sedang Di-charge, Galaxy Note 7 Hangus Terbakar)

"Terkait laporan tentang kasus yang menimpa Galaxy Note 7 yang terjadi baru-baru ini, kami telah melakukan investigasi dan menemukan kendala dalam baterai," ujar juru bicara Samsung.

Menurut Samsung, sejauh ini terdapat 35 kasus yang dilaporkan secara global dan Samsung melakukan inspeksi menyeluruh dengan para penyuplainya untuk mengidentifikasi, apakah ada baterai-baterai lain yang terkena imbasnya yang beredar di pasar.

Untuk tujuan itulah, Samsung memutuskan untuk menghentikan penjualan Galaxy Note 7.

"Mengingat keamanan konsumen adalah prioritas utama bagi Samsung, maka kami harus menghentikan penjualan Galaxy Note 7," ujar juru bicara tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com