Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pre-order Galaxy Note 7 Batal, Ini Ganti Rugi dari Samsung

Kompas.com - 03/09/2016, 11:12 WIB

KOMPAS.com — Samsung Electronics Indonesia (SEIN) membatalkan transaksi pemesanan (pre-order) phablet Galaxy Note 7 untuk konsumen di Indonesia, menyusul banyaknya kasus yang melibatkan baterai perangkat di sejumlah negara.

Sebagai bentuk tanggung jawab, selain mengembalikan penuh biaya pre-order (refund) yang telah dikeluarkan konsumen, Samsung juga menyiapkan ganti rugi/kompensasi bagi pelanggan yang telah memesan Galaxy Note 7.

Lantas kompensasi apa yang dimaksud oleh Samsung?

Berdasar screenshot percakapan (live chat) di situs resmi Samsung antara konsumen dan customer service (CS), yang didapat KompasTekno dari sumber yang tidak mau disebut namanya, Sabtu (3/9/2016), Samsung memang menyediakan kompensasi yang menarik.

Kompensasi tersebut berupa voucher belanja senilai Rp 1 juta (tidak diketahui merchant-nya), dan cash back (diskon) Rp 2 juta jika pelanggan tersebut ingin membeli Galaxy Note 7 lagi saat produk tersebut tersedia di Indonesia.

Ist Screenshot percakapan antara pelanggan Samsung dengan customer service yang membahas kompensasi penarikan Galaxy Note 7 di Indonesia.

Sebelumnya, Samsung sudah membuka pre-order Galaxy Note 7 sejak awal Agustus lalu di Indonesia, dan menjanjikan unitnya bisa diterima pada 1 September. Dua hari menjelang pengiriman produk, Samsung mengumumkan penundaan pengiriman hingga 17 September.

Namun karena Samsung global kemudian memutuskan untuk me-recall semua unit Galaxy Note 7 yang beredar, baik yang di pasar atau tangan pengguna, maka sesi pre-order itu pun dibatalkan dan disusul dengan proses refund.

Recall karena baterai

Sebelumnya, Samsung global telah mengumumkan menghentikan produksi Galaxy Note 7 dan menarik peredarannya dari pasar, setelah ada laporan mengenai baterai yang bermasalah, seperti terbakar atau meledak, di beberapa negara.

"Kami telah melakukan investigasi menyeluruh dan menemukan kendala dalam baterai, bisa diperbaiki dengan menggantinya. Namun, kami juga akan mengajukan solusi untuk para konsumen," ujar juru bicara Samsung.

"Mengingat keamanan konsumen adalah prioritas utama bagi Samsung, maka kami harus menghentikan penjualan Galaxy Note 7," imbuh juru bicara tersebut.

Baca: Samsung Resmi "Recall" Galaxy Note 7

Untuk diketahui, di Indonesia, Galaxy Note 7 yang dijual seharga Rp 10.777.000 (versi 64 GB) itu ludes dipesan dalam waktu tiga hari semenjak sesi pemesanan dibuka pada 5 Agustus lalu.

Konsumen yang memiliki pertanyaan soal refund Galaxy Note 7 bisa menghubungi call center Samsung Indonesia di nomor toll free 0-800-112-8888 atau (021) 5699-7777, atau bisa juga melalui layanan live chat di situs Samsung Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com