Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Pesawat Luar Angkasa" Apple Mulai Hidup

Kompas.com - 05/09/2016, 08:40 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber BGR

KOMPAS.com - Apple Campus 2 yang berdiri di atas lahan 70 hektar mulai "hidup". Beberapa pohon ditancapkan di area-area tertentu. Arsitektur tamannya pun sudah terlihat.

Bangunan yang berbentuk pesawat luar angkasa tersebut terletak sekitar 1,6 kilometer ke arah timur kantor pertama Apple di Cupertino, California, AS.

Jika dibandingkan September 2015 lalu, sudah ada beberapa peningkatan pembangunan per September 2016, sebagaimana terekam dalam video drone yang dilaporkan BGR dan dihimpun KompasTekno, Senin (5/9/2016).

Perbedaan paling mencolok tampak pada dinding dan atap bangunan. Instalasi kaca yang menyelimuti kampus kedua Apple ini hampir rampung.

Sementara itu, pemasangan panel matahari alias solar panel sudah menutupi hampir setengah sisi atas bangunan. September tahun lalu, belum ada satu pun solar panel yang terpasang.

Beberapa bangunan terpisah dari gedung baru Apple juga mulai gagah berdiri. Masing-masing adalah pusat fitnes, dua garasi yang mampu menampung 8.000 mobil, lorong bawah tanah, auditorium bawah tanah, serta bangunan khusus riset dan pengembangan alias R&D.

Saat sudah beroperasi nanti, Apple Campus 2 diperkirakan bisa menampung sekitar 12.000 orang pekerja.

Apple Campus 2 tak berwujud gedung utuh, melainkan kombinasi dengan ruang terbuka hijau. Rencananya sekitar 80 persen dari komplek perkantoran tersebut merupakan ruang hijau berisi 7.000 pohon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BGR



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com