Orang Indonesia Dengar Lagu di Spotify 90 Menit Sehari

Kompas.com - 06/09/2016, 18:59 WIB
Sunita Kaur, Managing Director Spotify Asia. Fatimah Kartini Bohang/KOMPAS.comSunita Kaur, Managing Director Spotify Asia.
|
EditorReska K. Nistanto

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan pengguna Spotify paling cepat se-Asia Tenggara. Lima bulan pasca diluncurkan di Tanah Air, Spotify telah digunakan untuk mendengar musik selama 1.165 menit.

Managing Director Spotify Asia, Sunita Kaur mengatakan, rata-rata pengguna di Indonesia mendengar musik 90 menit per hari. Meski demikian, Kaur masih enggan mengungkap jumlah riil pengguna layanan music streaming asal Swedia tersebut.

Menurut Sunita, antusiasme masyarakat Indonesia terhadap Spotifytak lepas dari beberapa strategi khusus yang dilancarkan, salah satunya adalah mengakomodir konten lokal.

"Kami bukan meluncurkan Spotify di Indonesia, tapi meluncurkan Spotify Indonesia," kata dia, Selasa (6/9/2016) di sela acara Swedish - Indonesian Digital Forum di Jakarta.

Beberapa penyanyi lokal telah digandeng untuk bekerja sama menyediakan konten khusus di Spotify, salah satunya penyanyi solo pria kawakan, Tulus.

Selain itu, beberapa playlist populer lokal juga dipampang di laman depan akun Spotify pengguna Indonesia. Beberapa di antaranya adalah Generasi Galau, Top Hits Indonesia, dan Kopikustik.

Sunita yakin Spotify mampu menjadi layanan music streaming pilihan bagi mayoritas masyarakat Indonesia di tengah banyaknya layanan serupa yang bermunculan. Sebut saja Yonder, Apple Music, Guvera, dan kawanannya.

"Kami ingin memudahkan pengguna, bahkan untuk metode pembayaran sekalipun. Selain dengan kartu kredit, pembayaran layanan premium bisa melalui transfer bank dan ATM, Doku Wallet, Alfamart, dan Lawson," ia menjelaskan.

Ke depan, kata Sunita, Spotify akan terus mendengar masukan dan belajar tentang kebiasaan pengguna di Indonesia. Perempuan berdarah India tersebut mengklaim pihaknya selalu berkonsultasi dengan pemerintah dan rekanan di Tanah Air.

"Semua urusan hukum kami patuhi. Ini bentuk keseriusan kami," ujarnya.

Baca: Jual Musik Streaming di Indonesia, Spotify Sudah Urus Izin?



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X