Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/09/2016, 09:38 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber bgr

KOMPAS.com - CEO Apple Tim Cook resmi mengumumkan kehadiran iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Spesifikasi duo ponsel baru ini ternyata tak melenceng jauh dibandingkan dengan prediksi yang selama ini beredar.

Apple benar-benar merilis iPhone 7 dan 7 Plus dengan kemampuan anti-air dan debu, menghapus port audio 3,5 milimeter, memasang chip A10, serta merilis varian warna hitam yang bernuansa glossy. (Baca: 12 Kemampuan yang Diramal Ada di iPhone 7)

Selain itu tombol Home di kedua ponsel ini bisa dikatakan benar-benar berubah. Pada seri sebelumnya, tombol tersebut dirancang sebagai tombol mekanis yang bisa memperdengarkan bunyi klik atau memberikan kesan pergerakan saat ditekan.

Sekarang, Apple menggantinya dengan tombol sensitif sentuhan yang dibekali Taptic Engine. Ketika menyentuhnya, pengguna cuma akan merasakan kesan getaran saja. Begitu juga saat ada pesan atau notifikasi baru masuk.

Kamera utama 12 megapiksel, yang bertengger di bagian belakang duo ponsel ini pun tergolong baru. Pada iPhone 7, kamera ini, dengan dukungan sistem operasi iOS 10, bisa menghasilkan foto dalam format RAW.

Sedangkan pada iPhone 7 Plus, kamera utama terdiri dari dua lensa. Pertama berupa lensa bersudut pandang lebar (wide), kedua merupakan lensa untuk meneropong objek di jarak yang lebih jauh (telephoto).

Sebagaimana dipantau KompasTekno dari siaran langsung acara peluncuran, Kamis (8/9/2016), hingga akhir acara, Apple sama sekali tak mengungkap soal spesifikasi RAM. Beberapa sumber menyebutkan kemungkinan besar iPhone 7 dibekali RAM 2 GB, sedangkan iPhone 7 Plus dibekali RAM 3 GB.

Untuk lebih tepat menebak soal RAM ini, Anda mesti menunggu informasi dari Apple atau ada yang membongkar duo iPhone tersebut.

Lebih lengkapnya, berikut ini spesifikasi lengkap iPhone 7 dan iPhone 7 Plus:

  iPhone 7 Plus iPhone 7
Bentang layar 5,5 inci 4,7 inci
Resolusi layar 1.920 x 1080 piksel 1.334 x 750 piksel
Fitur Layar Panel IPS; Retina Color HD, wide color gamut dan 3D touch; Anti-air dan debu Panel IPS; Retina Color HD, wide color gamut dan 3D touch; Anti-air dan debu
Bobot 188 gram 138 gram
Ketebalan 7,3 milimeter 7,1 milimeter
Sistem Operasi iOS 10 iOS 10
Prosesor A10 Fusion Chip, 64 bit; M10 Motion Co-processor A10 Fusion Chip, 64 bit; M10 Motion Co-processor
RAM (prediksi) 3 GB (prediksi) 2 GB
Memori Internal 32/128/256 GB 32/128/256 GB
Kamera Utama Dua lensa 12 megapiksel (wide f/1.8 dan telephoto f/2.8); Optical Image Stabilization; Quad Tone LED Flash; Shappire Crystal Lens Cover; Backside illumination sensor Satu lensa 12 megapiksel (f/1.8); Optical Image Stabilization; Quad Tone LED Flash; Shappire Crystal Lens Cover; Backside illumination sensor
Kamera FaceTime 7 megapiksel (f/2.2); Retina Flash; Backside illumination sensor; pendeteksi tubuh dan wajah 7 megapiksel (f/2.2); Retina Flash; Backside illumination sensor; pendeteksi tubuh dan wajah
Konektivitas GSM, EDGE, UMTS, HSPA+, DC-HSDPA, CMDA EVDO Rev A (model tertentu), LTE Advance; WiFi a/b/g/n/ac; Bluetooth 4.2; GPS dan GLONASS; VoLTE GSM, EDGE, UMTS, HSPA+, DC-HSDPA, CMDA EVDO Rev A (model tertentu), LTE Advance; WiFi a/b/g/n/ac; Bluetooth 4.2; GPS dan GLONASS; VoLTE
Baterai 1 jam lebih lama dibanding iPhone 6S Plus 2 jam lebih lama dibanding iPhone 6S
Sensor Three-Axis Gyro; Accelerometer; Proximity; Ambient Light; Barometer Three-Axis Gyro; Accelerometer; Proximity; Ambient Light; Barometer
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber bgr

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com