Dijual Rp 24 Juta, Laptop Zenbook 3 Ingin Ungguli MacBook Air

Kompas.com - 08/09/2016, 10:48 WIB
Deliusno/KOMPAS.com Asus Zenbook 3 saat diluncurkan di Indonesia, Rabu (7/8/2016)

NUSA DUA, KOMPAS.com - Tidak hanya lini produk smartphone Zenfone 3, Asus juga memperkenalkan laptop tipis Zenbook 3 dalam acara Zenvolution di Bali Nusa Dua Convention Center, Rabu (7/9/2016) lalu.

CEO Asus, Jerry Shen berkata bahwa Zenbook 3 merupakan lawan yang tepat untuk laptop tipis bikinan Apple, MacBook Air. Bahkan, ia berani sesumbar, Zenbook 3 mampu mengalahkan MacBook Air di segala aspek.

"Dibanding MacBook Air, Zenbook 3 jauh lebih baik, yakni lebih tipis, ringan, dan bertenaga," ujar Jerry.

Klaim Jerry itu memang bisa dibuktikan dari spesifikasi yang dimiliki Zenbook 3. Di atas kertas, laptop terbaru Asus itu memang unggul. Tengok saja konfigurasi prosesor Intel Core i7 7500U, RAM 16 GB, dan penyimpanan SSD 512 GB.

Dari segi dimensi, Zenbook 3 memiliki ketebalan 1,19 cm dengan bobot 910 gram. Sementara itu, MacBook Air 13 inci memiliki dimensi tebal 1,7 cm dan bobot 1,35 kg.  

Hanya saja, layar MacBook Air sedikit lebih lebar dibanding Zenbook 3, yakni 12,8 inci berbanding 12,5 inci.

Layar Zenbook 3 juga masih dilindungi Gorilla Glass 4 yang tahan gores. Sedangkan, MacBook Air tidak dilengkapi pelindung layar.

Untuk sistem pendinginan, Asus mengklaim kipas pendingin di dalam Zenbook 3 adalah yang tertipis di dunia.

Asus menggunakan bahan logam titanium untuk rangka Zenbook 3 yang diklaim 40 persen lebih kuat dibanding laptop-laptop biasa.

Zenbook 3 memiliki fitur pemindai sidik jari untuk menambah keamanan dan laptop ultra ringan ini tersedia dalam pilihan warna Quartz Grey, Royal Blue, dan Rose Gold.

Tidak hanya dari segi dimensi dan spesifkasi, fitur audio perangkat tersebut juga diklaim lebih baik MacBook Air.

"Zenbook 3 punya empat speaker, jauh lebih baik dari MacBook Air," tutur Jerry.

Ada dua konfigurasi Zenbook 3 yang dijual di Indonesia. Seri pertama dilengkapi prosesor Intel Core i5-7200U, RAM 8 GB, dan SSD 256 GB dijual dengan harga Rp 19.299.000.

Model kedua yakni dengan prosesor Intel Core i7-7500U, RAM 16 GB, dan SSD 512 GB dijual Rp 24.299.000.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


PenulisDeliusno
EditorReska K. Nistanto
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X