Kompas.com - 08/09/2016, 13:05 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

JAKARTA, KOMPAS.com - Hewlett Packard (HP) menunjuk Avnet Technology Solutions Indonesia sebagai distributor tunggal untuk produk-produk laptop seri EliteBook Folio. Penunjukkan itu diumumkan dalam acara jumpa pers yang digelar Avnet di Jakarta, Rabu (7/9/2016) kemarin.

Produk HP yang didistribusikan oleh Avnet merupakan jajaran laptop bisnis premium dengan kisaran harga di atas Rp 20 juta.

“Produk-produk ini bukan ditargetkan untuk konsumen rumahan, melainkan para eksekutif senior di korporasi dan para pelaku bisnis yang butuh keandalan,” ujar Country Commercial Category PT Hewlett Packard Indonesia, Vamsi Reddy.

Reddy menambahkan, pihaknya telah bekerjasama dengan Avnet selama lebih dari 22 tahun dalam memasarkan produk-produk enterprise untuk kebutuhan korporasi, seperti komputer workstation dan server.

Avnet (PT Avnet Datamation Solutions) sendiri merupakan perusahaan yang muncul dari akuisisi PT Datamation Purwana Utama dan PT Mitra Bisinfo Utama pada 2010. Perusahaan ini bergerak di bidang penyediaan produk server storage, dan piranti lunak untuk para integrator sistem enterprise dan para reseller.

Tidak mengejar volume

Market Development manager Commercial Notebook and Mobility Printing HP Indonesia, Ricky Handrian menjelaskan bahwa jajaran produk laptop bisnis seri Hp EliteBook yang didistribusikan oleh Avnet saat ini terdiri dari dua pilihan ukuran, yakni 12,5 inci (EliteBook Folio G1) dan 14 inci (EliteBook 1040 G3).

Dengan banderol harga mulai Rp 21,5 juta, keduanya dibekali fitur-fitur ala laptop bisnis seperti keamanan dengan TMP encryption, fingerprint scanner, face recognition Windows Hello, dan self-recovery BIOS, berikut material premium berupa logam aluminium.

“Laptop commercial (bisnis) range harganya memang lebih tinggi dibandingkan laptop kelas konsumen,” ujar Ricky.

“Tapi di segmen laptop bisnis, kami memang tidak mengincar volume penjualan, melainkan lebih ke penggunaan di lingkungan enterprise," lanjutnya.

Soal pangsa pasar laptop bisnis, Country General Manager Avnet Indonesia, Handoyo Singgih menjelaskan bahwa dari besar pasar laptop Indonesia yang sekitar 5 juta unit, porsi laptop premium dengan kisaran harga di atas Rp 20 juta diperkirakan hanya 4 persen dari angka itu.

“(Pasar) Laptop bisnis memang kecil, tapi teknologinya lebih canggih. Dengan produk EliteBook dari HP ini, kami jadi memiliki produk yang bisa menyasar segmen premium tersebut,” ujar Handoyo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.