Kompas.com - 09/09/2016, 14:49 WIB
iPhone 7 (atas) tidak memilki port audio 3,5 milimeter, sedangkan iPhone 6S (bawah) masih memilikinya CnetiPhone 7 (atas) tidak memilki port audio 3,5 milimeter, sedangkan iPhone 6S (bawah) masih memilikinya
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Setelah meluncurkan duet iPhone 7 dan 7 Plus, Apple mendiskon seri iPhone sebelumnya. Harga si mungil iPhone SE dipangkas hingga 50 dollar AS atau sekitar Rp 655.000.

Sebelumnya, iPhone SE varian 64 GB dibanderol 499 dollar AS atau sekitar Rp 6,5 juta. Kini harganya menyusut menjadi 449 dollar AS atau senilai Rp 5,8 juta. (Baca: Daftar Harga iPhone SE)

Namun, pemotongan ini tak berlaku bagi iPhone SE varian 16 GB. Harganya tetap 399 dollar AS atau senilai Rp 5,2 juta.

Pemotongan ini bisa dicek lewat situs Apple untuk wilayah Amerika Serikat, sebagaimana dilaporkan GSMArena dan dihimpun KompasTekno, Jumat (9/9/2016).

Saat ini pemotongan itu hanya tersedia bagi pasar AS. Belum jelas apakah pemotongan tersebut bakal berekspansi ke negara lain atau tidak. 

Harga iPhone 6S dan 6S Plus juga turun

Selain iPhone SE, harga untuk duet iPhone 6S dan 6S Plus juga turun di Inggris hingga 100 poundsterling atau senilai Rp 1,7 jutaan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

iPhone 6S dengan memori 128 GB tadinya dibanderol 699 poundsterling atau Rp 12 jutaan. Kini, harganya menjadi 599 poundsterling atau senilai Rp 10 jutaan.

Saudara jumbonya, iPhone 6S Plus, pun sama. Sebelumnya, produk tersebut, untuk yang bermemori 128 GB, dihargai 889 poundsterling atau Rp 15 jutaan. Kini harganya dipangkas 90 poundsterling menjadi 799 poundsterling atau Rp 13,9 jutaan.

Baca: Daftar Harga iPhone 6S dan 6S Plus)

Belum jelas apakah kebijakan Apple di Inggris ini akan berlaku global atau tidak. Yang jelas, pemotongan tersebut bersamaan dengan perilisan duet iPhone teranyar pada 7 September 2016.

iPhone SE, iPhone 6S, dan iPhone 6S Plus hingga kini belum dijual resmi di Indonesia. Apple terbentur dengan aturan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) yang wacananya kerap berubah-ubah, tetapi akhirnya beberapa hari lalu telah ditetapkan.

Setelah aturan disahkan, belum ada konfirmasi kapan Apple akan memboyong produk-produk flagship-nya ke Indonesia. Duet iPhone 7 dan 7 Plus pun belum ada tanda-tanda masuk ke Tanah Air dalam waktu dekat. Kita tunggu saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber GSM Arena
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.