BlackBerry Kembali ke Kandang Samsung dengan Priv?

Kompas.com - 09/09/2016, 17:22 WIB
Keyboard fisik QWERTY BlackBerry Priv. BlackBerryKeyboard fisik QWERTY BlackBerry Priv.
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Blackberry telah lama hengkang dari pasar ponsel di Korea Selatan. Kini, perusahaan asal Kanada itu kembali ke pasar tersebut dan berencana merilis Priv di negara yang menjadi kandang vendor Samsung.

Priv adalah smartphone Android 5,4 inci BlackBerry yang dibekali keyboard fisik QWERTY yang menjadi ciri khasnya.

Perusahaan Kanada itu saat ini disebut-sebut sedang menyiapkan acara peluncuran Priv yang akan diselenggarakan pada 20 September mendatang di Korea Selatan.

Namun meski akan menjual Priv di Korea Selatan, seorang sumber internal yang enggan disebut namanya mengatakan bahwa BlackBerry tak akan membuka kantor di Negeri Ginseng itu.

Sebelumnya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari ZDNet, Jumat (9/9/2016), BlackBerry pertama kali masuk pasar Korea Selatan pada 2009. Saat itu mereka masih memakai nama Research in Motion (RIM).

Sebetulnya Korea Selatan bukan pasar yang buruk bagi BlackBerry. Bahkan, pada masanya, mereka memiliki basis penggemar yang kuat. Tapi seiring perkembangan, ponsel buatannya kalah bersaing dengan Android bikinan Samsung, LG serta Apple.

Penjualan Blackberry pun semakin berkurang. Puncaknya, pada 2013, perusahaan memutuskan hengkang dari Korea Selatan dan beberapa negara lain.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Priv sendiri sebetulnya bukan ponsel baru. Priv merupakan ponsel pertama Blackberry yang menggunakan sistem operasi Android. Mereka mulai merilisnya di pasar Amerika Serikat pada akhir 2015 dan membawanya ke sejumlah negara.

Baca: Sudah Bisa Dipesan, Berapa Harga BlackBerry Priv?



Sumber ZDNet
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.