Kompas.com - 09/09/2016, 18:56 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Pada Kamis (8/9/2016) dini hari, Apple resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, iPhone 7 Plus. Perangkat tersebut dibekali kamera utama 12 megapiksel dengan lensa berbukaan F1.8.

Tapi yang lebih menarik adalah unit penangkap gambar milik iPhone 7 Plus yang diperkenalkan berbarengan dengan iPhone 7. Ponsel ini memiliki kamera ganda di bagian punggungnya, masing-masing dengan resolusi 12 megapiksel.

Perbedaan di antara dua kamera iPhone 7 Plus, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Cnet, terletak pada jenis lensa yang digunakan.

Kamera pertama dipasangi lensa 28 mm (ekuivalen full-frame) dengan bukaan F1.8, sementara kamera kedua mengusung lensa 56 mm (juga ekuivalen full frame) berbukaan F2.8.

Artinya, kedua lensa iPhone 7 Plus memiliki dua focal length berbeda. Satu kamera menghasilkan bidang padang wide-angle (28 mm) sementara lainnya memiliki bidang pandang setara lensa normal pada kamera digital (56 mm).

Bukan “zoom” optik

Saat memperkenalkan kamera ganda iPhone 7 Plus, Apple menggunakan istilah “optical zoom at 2x” yang membingungkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Istilah yang biasanya dipakai untuk menggambarkan rentang zoom adalah “2x optical zoom” yang berarti focal length lensa kamera bisa diperpanjang hingga 2 kali angka semula di titik terlebar dengan teknik zooming  (mengubah jarak antar lensa).

Pada zoom optik, proses penambahan focal length dilakukan secara bertahap, misalnya dari 28 mm, lalu 35 mm, 40 mm, kemudian 50 mm seiring dengan memanjangnya jarak antar lensa.

Tapi tidak demikian halnya dengan iPhone 7 Plus. Ponsel ini sebenarnya tak memiliki lensa zoom optik seperti pada, misalnya, seri ponsel Galaxy Camera dari Samsung, atau modul TrueZoom untuk ponsel modular Motorola Moto Z, melainkan dua kamera dengan lensa yang memiliki dua sudut pandang berbeda.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber CNET
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.