Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Perkenalkan Kamera Aksi dengan “Image Stabilizer”

Kompas.com - 12/09/2016, 19:22 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Pasaran kamera aksi makin diramaikan oleh kehadiran Sony X3000R. Produk pesaing GoPro ini dibekali fitur andalan berupa kemampuan merekam video 4K dan optical image stabilizer (OIS).

Dirangkum KompasTekno dari The Verge, Senin (12/9/2016), kamera-kamera aksi dari Sony sebelumnya sudah menerapkan digital image stabilizer.

Bedanya, OIS bukan bekerja dengan software (digital) yang menurunkan kualitas karena melakukan cropping untuk meredam goyangan, melainkan lewat stabilisasi mekanik yang dilakukan langsung pada komponen pengambil gambar.

Menurut Sony, bagian kamera dan sensor gambar “digabungkan dan digerakkan bersama” untuk meredam goyangan saat merekam. Walhasil, gambar rekaman OIS seharusnya lebih tajam dibandingkan digital image stabilizer.

Sony Kamera aksi Sony X3000R (tengah), AS300R (kiri), dan aksesori remote live view

Selain X3000R, Sony turut memperkenalkan kamera aksi lain bernama AS300R yang juga dibekali OIS, namun perekaman videonya dibatasi hanya sampai resolusi full-HD (1.920 x 1.080).

Ada juga aksesori live-view remote berbentuk berupa arloji pintar untuk mengendalikan kedua kamera dari jauh.

Sony X3000R dan AS300R rencananya akan mulai dijual di Jepang mulai akhir bulan ini, masing-masing dengan harga 400 dollar AS (Rp 5,2 juta) dan 300 dollar AS (Rp 3,9 juta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com