Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkom Targetkan Penambahan 3 Juta Pelanggan Indihome

Kompas.com - 13/09/2016, 18:03 WIB

Tim Redaksi

SERANG, KOMPAS.com - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk atau Telkom menargetkan penambahan pelanggan Indihome sebanyak tiga juta orang pada tahun 2016. Jumlah pelanggan Indihome akan menjadi lima juta orang pada akhir tahun 2016 jika target itu terealisasi.

Deputi Executive Vice President Infrastruktur Telkom Regional 2 Soendojoadi di Serang, Banten, Selasa (13/9/2016) mengatakan, Indihome tersedia sejak tahun 2010. Secara masif, Indihome kemudian dikembangkan dan dimodernisasi sejak tahun 2015.

“Jumlah pelanggan Indihome melejit. Selama tahun 2015 saja, jumlah pelanggan Indihome bertambah satu juta orang,” ujarnya.

Produk itu terdiri dari layanan internet, saluran televisi kabel, dan telepon rumah. Indihome menggunakan jaringan serat optik untuk menyediakan layanan pita lebar.

Panjang jaringan serat optik untuk mendukung produk-produk Telkom di Indonesia saat ini sekitar 80.000 km. “Panjang jaringan serat optik akan selalu bertambah setiap tahun. Kami berorientasi pada pita lebar dengan salah satu produknya adalah Indihome,” ujarnya.

Sejak tahun 2013, pembangunan serat optik di Banten diintensifkan. Dalam tiga tahun terakhir, jumlah pelanggan Indihome di Banten meningkat pesat setidaknya tiga kali lipat menjadi sekitar 25.700 orang saat ini. Soendojoadi mengatakan, pertumbuhan layanan pita lebar memang sangat agresif.

“Itu menunjukkan atensi. Kebutuhan masyarakat terhadap internet semakin besar. Tak ada alasan warga tidak bisa dilayani karena sudah ada satelit,” ujarnya.

Menurut Soendojoadi, sebagian jaringan serat optik Telkom sudah perlu dimodernisasi. Secara total, jumlah pelanggan Telkom di Indonesia untuk semua produk sekitar 15 juta orang. Telkom siap menyambungkan para pelanggan itu dengan layanan pita lebar.

“Jaringan tembaga masih ada. Nanti, tak ada lagi kotak-kotak untuk jaringan tembaga yang membutuhkan listrik,” ucapnya.

Menurut Soendojoadi, serat optik tidak dipengaruhi pasokan listrik. Telkom merencanakan semua Indihome menggunakan serat optik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com