Kompas.com - 13/09/2016, 18:14 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Chrome mulai mengambil tindakan serius terhadap situs-situs web yang tidak menggunakan enkripsi sebagai pengaman.

Versi berikutnya dari peramban besutan Google tersebut bakal menyertakan peringatan baru terhadap situs-situs yang masih menggunakan protokol transfer data HTTP (bukan HTTPS yang terenkripsi), sebagaimna dirangkum KompasTekno dari The Verge, Selasa (13/9/2016).

Bentuknya berupa peringatan berbunyi “tidak aman” di jendela di samping kolom alamat website. Ke depan, Google berencana menerapkan jenis label lain seperti simbol segitiga berwarna merah, supaya lebih terlihat oleh pengguna.

Google Label peringatan yang bakal dikenakan oleh Google terhadap situs non HTTPS

“Studi-studi menunjukkan bahwa pengguna tidak menganggap absennya icon ‘secure’ sebagai peringatan,” tulis Google dalam sebuah posting mengenai soal ini.

“Kami berencana melabeli situs HTTP dengan lebih jelas dan akurat sebagai tidak aman, secara bertahap, dan berdasarkan kriteria yang makin diperketat, lanjut Google.

Laman HTTP yang tidak terenkripsi sangat berbahaya apabila digunakan sebagai sarana login ke suatu layanan online. Informasi login rentan dicegat oleh hacker selagi ditransfer dari komputer pengguna ke server.

Google berencana mulai menerapkan peringatan baru ini pada Chrome 56 yang akan diluncurkan pada Januari tahun depan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.