Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini "Smartphone" Tangguh di Daerah Lemah Sinyal

Kompas.com - 13/09/2016, 20:08 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber ZDNet

KOMPAS.com - Sebanyak 26 tipe smartphone diuji coba oleh tim peneliti dari Aalborgs University, Denmark. Mereka ingin tahu smartphone mana yang memiliki performa terbaik dari segi tangkapan jaringan LTE.

Dari ke-26 smartphone tersebut, beberapa model yang populer adalah Samsung Galaxy S7, Galaxy S7 Edge, Apple iPhone 6S, iPhone 6S Plus, iPhone SE, Sony Xperia Z5, Xperia Z5 Compact, Microsoft Lumia 640, Lumia 650, Nexus 6P, Nexus 5X, Huawei P9, Xiaomi Mi5, dan HTC 10.

Hasilnya, Microsoft Lumia 640 mendapat skor tertinggi sebesar -93,1 dBm di jaringan LTE 800 MHz, sebagaimana dilaporkan ZDNet dan dihimpun KompasTekno, Selasa (13/9/2016).

Posisi kedua diraih Samsung Galaxy S6 Edge Plus dengan skor -92,8 dBm, sementara peringkat ketiga disabet Samsung Galaxy S7 Edge dengan skor -92,2 dBm.

Di jaringan LTE 1800 MHz, Lumia 640 menduduki posisi ketiga dengan skor -93,8 dBm. Untuk kategori ini, Samsung Galaxy S7 Edge menjadi pemenang dengan skor -94,8 dBM dan Nexus 6P di posisi kedua dengan skor -94,7.

Terakhir, di jaringan LTE 2600 MHz, juara pertama diraih Samsung Galaxy S5 Mini dengan perolehan skor -92,5 dBm. Peringkat kedua diisi Sony Xperia Z5 Compact dengan skor -91,1. Lalu urutan ketiga diduduki Samsung Galaxy S7 dengan perolehan skor -89,9.

Skor tersebut menunjukkan performa masing-masing perangkat ketika berada pada zona dengan frekuensi jaringan lemah. Tipe-tipe smartphone di atas setidaknya bisa tetap diandalkan.

Pengujian tersebut dilakukan berdasarkan pengukuran Total Isotropic Sensitivity (TIS) alias parameter pada antena dan radio smartphone dalam satuan decibel-milliwatts atau dBm.

Skor -93,1 dBM pada jaringan LTE 800 mHZ Lumia 640 lebih baik dalam menerima jaringan pada daerah dengan sinyal lemah dibandingkan Galaxy S7 Edge yang memiliki skor -92,2 dBM.

Bersamaan dengan pengujian ini, otoritas telekomunikasi Denmark juga menyimpulkan bahwa ponsel bekerja paling baik dalam menangkan sinyal ketika tidak digenggam. Sementara itu, performa paling buruk dialami ketika ponsel diletakkan dekat kepala.

Untuk melihat hasil kajian selengkapnya, Anda bisa buka di tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ZDNet
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com