Kompas.com - 14/09/2016, 08:13 WIB
Ilustrasi sistem operasi mobile iOS 10 Apple Ilustrasi sistem operasi mobile iOS 10
Penulis Deliusno
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Sesuai janji, Apple merilis sistem operasi terbarunya, iOS 10, hari ini, Rabu (14/9/2016). Pengguna gadget Apple di Indonesia kini sudah bisa mengunduh pembaruan tersebut.

Sayangnya, tak semua gadget Apple bisa melakukan upgrade ke OS yang pertama kali diperkenalkan pada ajang Worldwide Developer Conference 2016 itu. (Baca: Hari Ini, iOS 10 Sudah Bisa Diunduh di Indonesia)

Beberapa gadget seri lawas sudah mulai ditinggalkan oleh Apple. iPhone 4s, misalnya. Setelah masih kebagian iOS 9 tahun lalu, kini sudah tidak mendapat update sistem operasi terbaru. Hanya iPhone 5 dan generasi lebih baru yang kebagian iOS 10.

Begitu juga dengan iPad 2, iPad 3, iPad Mini pertama, dan iPod Touch generasi kelima. Dengan kata lain, perangkat-perangkat lawas dengan chip A5/A5X sudah tak akan mendapat pembaruan sistem operasi lagi dari Apple. (Baca: Apple Perkenalkan iOS 10, Apa yang Baru?)

Di iOS 10 sendiri, Apple menghadirkan berbagai fitur baru, termasuk asisten digital Siri yang lebih pintar, iMessage dengan fitur anyar, widget, dan lain-lain. Apple juga merombak tampilan antarmuka aplikasi streaming Apple Music.

Berikut daftar lengkap gadget Apple yang bisa di-upgrade ke iOS 10, sebagaimana KompasTekno kutip dari situs resmi Apple.

iPhone

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

- iPhone 7
- iPhone 7 Plus
- iPhone 6s
- iPhone 6s Plus
- iPhone 6
- iPhone 6 Plus
- iPhone SE
- iPhone 5s
- iPhone 5c
- iPhone 5

iPad

- iPad Pro 12,9 inci
- iPad Pro 9,7 inci
- iPad Air 2
- iPad Air
- iPad Generasi 4
- iPad Mini 4
- iPad Mini 3
- iPad Mini 2

iPod Touch

- iPod Touch Generasi 6

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Apple

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.