Kompas.com - 14/09/2016, 11:21 WIB
Ilustrasi sistem operasi mobile iOS 10 Apple Ilustrasi sistem operasi mobile iOS 10
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Beberapa pengunduh awal sistem operasi iOS 10 mengeluh ke Twitter. Antarmuka perangkat Apple mereka tiba-tiba "membeku" dan tak bisa menjalankan software antarmuka perangkatnya.

Hal yang kerap diistilahkan software brick itusudah pernah terjadi pada sistem operasi Apple yang sudah-sudah.

Sebut saja iOS 7.0.6 yang sempat "tak ramah" pada pengguna iPad Air, serta iOS 9.3.2 yang membekukan iPad Pro 9,7 inci beberapa bulan lalu. 


Untungnya software brick pada iOS 10 tak lama-lama dibiarkan Apple. Pabrikan asal Cupertino tersebut segera memperbaikinya dan melayangkan pernyataan resmi menyusul ramainya keluhan di Twitter.

"Ada kendala pada proses pembaruan software yang dialami segelintir pengguna pada jam pertama ketersediaan (iOS 10)," kata perwakilan Apple, sebagaimana dilaporkan Wired dan dihimpun KompasTekno, Rabu (14/9/2016).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Masalah tersebut cepat diatasi dan kami minta maaf kepada pelanggan. Siapa saja yang mengalami isu tersebut harus mengoneksikan perangkat ke iTunes untuk melengkapi seluruh proses update atau mengontak AppleCare untuk bantuan lebih lanjut," ia menambahkan.

Diketahui, iOS 10 pertama kali diperkenalkan pada ajang Worldwide Developer Conference 2016 yang berlangsung di pertengahan Juni lalu. Hari ini, versi finalnya sudah bisa diunduh oleh para pengguna gadget Apple di Indonesia.

Baca: Hari Ini, iOS 10 Sudah Bisa Diunduh di Indonesia

Pembaruan tersebut bisa diunduh menggunakan satu dari dua cara yang tersedia, yakni melalui teknik over-the-air (OTA) atau iTunes (menghubungkan gadget ke PC).

Syaratnya, tipe perangkat adalah iPhone 5 atau generasi lebih baru, iPad 4 atau yang lebih baru, serta iPod Touch generasi 6.

Besarnya file unduh iOS 10 antara 1 GB hingga 2 GB, tergantung perangkat yang digunakan. Proses mengunduh sistem operasi anyar ini bisa memakan waktu beberapa jam, mengingat server Apple sedang diserbu peminat iOS 10.

Berbagai peningkatan dan fitur barunya termasuk asisten digital Siri yang lebih pintar, iMessage termutakhir, widget yang lebih baik, desain baru untuk aplikasi Maps, fitur Raise to Wake, dan lain-lain.

Baca: Apple Perkenalkan iOS 10, Apa yang Baru?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Wired

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.