EOS M5, "Mirrorless" Rasa DSLR Dikenalkan Canon

Kompas.com - 15/09/2016, 18:05 WIB
Bagian depan dan atas kamera mirrorless Canon EOS M5. Unit flash tersimpan di bagian tengah yang juga memuat viewfinder CanonBagian depan dan atas kamera mirrorless Canon EOS M5. Unit flash tersimpan di bagian tengah yang juga memuat viewfinder
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Canon memperluas jajaran kamera mirrorless miliknya dengan memperkenalkan model baru dengan seri EOS M5. Produk ini tampil berbeda dari pendahulunya dengan menganut form factor ala kamera DSLR dengan viewfinder di bagian tengah dan handgrip (pegangan tangan) di sisinya.

Desain seperti ini jarang dimiliki oleh kamera-kamera mirrorless merek lain, terutama jendela bidik elektroniknya yang terlihat menyembul.

Dirangkum KompasTekno dari The Verge, Kamis (15/9/2016), EOS M5 memiliki sensor 24 megapiksel yang sama dengan kamera DSLR EOS 80D, juga buatan Canon.

Sensor penangkap gambar dengan rentang sensitivitas ISO 100-25.600 itu dipadukan dengan prosesor gambar Digic 7.

Berbekal 49 titik autofokus cross type dan teknologi “Dual Pixel AF”, EOS M5 sanggup menjepret kecepatan 7 frame per detik dengan continuous AF, atau 9 frame per detik dengan mengunci fokus.

Untuk video, EOS M5 sanggup merekam dengan resolusi hingga full-HD (1.920 x 1.080) dengan frame rate 60 fps. Canon ikut membenamkan teknologi image stabilizer berbasis software (digital) untuk meredam goyangan saat perekaman video.

Selain jendela bidik elektronik dengan resolusi 2,36 megapiksel, layar LCD 3,2 inci (1,6 megapiksel) di sisi belakang EOS M bisa ditekuk 85 derajat ke atas dan 180 derajat ke bawah sehingga menghadap ke depan untuk mempermudah pemotretan selfie.

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Layar LCD Canon EOS M5 dapat ditekuk ke arah atas dan bawah

LCD tersebut merupakan jenis touchscreen yang bisa digunakan untuk navigasi sekaligus memilih area titik fokus.

Sebagai kamera yang menyasar kalangan enthusiast, EOS M5 turut dilengkapi aneka tombol dial untuk pengaturan manual, termasuk exposure compensation dan dua command dial. Pengaturan tombol-tombol tersebut juga menyerupai layout tombol kamera DSLR kelas menengah ke bawah Canon.

EOS M5 sekaligus menandai debut koneksi Bluetooth Low Energy pada kamera seri EOS dari Canon. Teknologi ini dapat menyambungkan kamera secara terus menerus dengan smartphone untuk mentransfer data GPS atau foto.

Bersama dengan EOS M5, canon turut memperkenalkan lensa mirrorless baru, EF-M 18-150 mm F3.5-6.3 IS STM.

Canon EOS M5 menurut rumor akan dibanderol sebesar 979 dollar AS atau sekitar Rp 12,9 juta (body only) saat mulai dijual November mendatang.

Ada juga versi kit dengan lensa EF-M 15-45 mm F35-64 IS STM seharga 1.099 dollar AS (Rp 14,5 juta) dan kit dengan lensa EF-M 18-150 mm F3.5-6.3 IS STM seharga 1.479 dollar AS (Rp 19,5 juta).

Baca: Apa Itu Kamera Mirrorless, Bedanya dengan DSLR?



Sumber The Verge
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X