Mobil Tanpa Sopir Uber Sudah Bisa Dipesan

Kompas.com - 15/09/2016, 19:28 WIB
Mobil tanpa sopir Ford Fusion yang mulai dioperasikan oleh Uber di Kota Pittsburgh, AS, Rabu (14/9/2016) UberMobil tanpa sopir Ford Fusion yang mulai dioperasikan oleh Uber di Kota Pittsburgh, AS, Rabu (14/9/2016)
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Penduduk Pittsburgh, Pennsylvania, AS, bakal lebih sering melihat mobil tanpa sopir dari Uber mondar-mandir di jalanan. Uber, perusahaan penyedia layanan transportasi berbasis aplikasi, mulai menyediakan armada mobil tanpa sopirnya (swa-kemudi) untuk dipesan penduduk kota tersebut, mulai Rabu (14/9/2016) kemarin.

Mobil-mobil swa-kemudi Uber bisa menyetir sendiri tanpa campur tangan manusia dengan memanfaatkan aneka sensor, termasuk kamera 360 derajat, pendeteksi jarak obyek, GPS, juga radar. Sebagian peralatan itu diletakkan dalam modul khusus di atap kendaraan.

Kendati demikian, Uber masih menyertakan dua orang pendamping, yakni sopir dan teknisi, untuk berjaga-jaga kalau terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Maklumlah, penggelaran armada mobil tanpa sopir ini masih dalam rangka program uji coba di kondisi nyata.

“Teknologi ini masih dalam tahap sangat awal. Uber swa-kemudi memiliki penggemudi yang duduk di kursi depan karena membutuhkan intervensi dalam berbagai kondisi, termasuk cuaca buruk,” sebut keterangan tertulis yang diterima KompasTekno dari Uber, Kamis (15/9/2016).

Uber mengatakan layanan swa-kemudi miliknya memiliki potensi untuk mengurangi kecelakaan lalu lintas, juga menghemat lahan parkir karena para pengguna tak perlu mengendarai mobil pribadi masing-masing.

Layanan mobil swa-kemudi Uber mulai digelar satu setengah tahun setelah perusahaan itu mendirikan Advanced Technology Center di Pittsburgh.

Baca: Tanpa Sopir, Mobil Uber Mondar-mandir di Jalanan

Masih terbatas

Untuk saat ini, mobil-mobil swa-kemudi Uber hanya bisa dipesan oleh segelintir pengguna tertentu yang “paling setia” di Pittsburgh. Uber tak menjelaskan kriteria apa yang dipakai untuk menentukan siapa-siapa saja yang dinilai “setia”.

Para pengguna terpilih itu bisa memesan mobil swa-kemudi lewat layanan UberX seperti biasa. Aplikasi akan menampilkan notifikasi di layar ponsel apabila berhasil menemukan dan memanggil mobil swa-kemudi yang sedang tersedia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X