Direktur FBI Pun Menutup "Webcam" dengan Selotip

Kompas.com - 16/09/2016, 09:30 WIB
Direktur FBI, James Comey memberikan keterangan pers di New York, Rabu (16/12). VOADirektur FBI, James Comey memberikan keterangan pers di New York, Rabu (16/12).
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Perangkat kamera webcam yang terhubung atau terintegrasi dengan komputer (laptop) rentan dibajak oleh hacker dan dipakai merekam gambar secara diam-diam.

Lantaran itulah sebagian orang, termasuk Direktur FBI James Comey, melakukan langkah preventif dengan menutup lensa perangkat webcam.

Dirangkum KompasTekno dari The Next Web, Jumat (16/9/2016), Comey mengaku menutup kamera-kamera di rumah dengan selotip supaya kegiatannya tak diintip oleh peretas yang menyusup ke komputer.

“Bukan hal aneh bahwa direktur FBI memperhatikan keamanan pribadinya,” ujar Comey dalam acara The National Security Division, Rabu kemarin.

Comey melanjutkan, praktek menutupi webcam dengan selotip atau benda lain untuk menghalangi pandangan lensa adalah praktik yang jamak dilakukan di instansi-instansi pemerintah AS.

“Semua (webcam) memiliki penutup khusus, supaya orang yang tak bertanggung jawab tidak bisa mengintip. Saya pikir ini hal bagus,” katanya.

Sebelumnya, Comey diketahui pernah menyarankan pengguna komputer untuk menutupi webcam dengan selotip demi menjaga keamanan.

Pendiri sekaligus CEO Facebook Mark Zuckerberg pun melakukan hal serupa, seperti terlihat dalam foto yang diunggahnya ke Instagram, Juni lalu. (Baca: Misteri Selotip di Laptop Mark Zuckerberg)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X