Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Direktur FBI Pun Menutup "Webcam" dengan Selotip

Kompas.com - 16/09/2016, 09:30 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Perangkat kamera webcam yang terhubung atau terintegrasi dengan komputer (laptop) rentan dibajak oleh hacker dan dipakai merekam gambar secara diam-diam.

Lantaran itulah sebagian orang, termasuk Direktur FBI James Comey, melakukan langkah preventif dengan menutup lensa perangkat webcam.

Dirangkum KompasTekno dari The Next Web, Jumat (16/9/2016), Comey mengaku menutup kamera-kamera di rumah dengan selotip supaya kegiatannya tak diintip oleh peretas yang menyusup ke komputer.

“Bukan hal aneh bahwa direktur FBI memperhatikan keamanan pribadinya,” ujar Comey dalam acara The National Security Division, Rabu kemarin.

Comey melanjutkan, praktek menutupi webcam dengan selotip atau benda lain untuk menghalangi pandangan lensa adalah praktik yang jamak dilakukan di instansi-instansi pemerintah AS.

“Semua (webcam) memiliki penutup khusus, supaya orang yang tak bertanggung jawab tidak bisa mengintip. Saya pikir ini hal bagus,” katanya.

Sebelumnya, Comey diketahui pernah menyarankan pengguna komputer untuk menutupi webcam dengan selotip demi menjaga keamanan.

Pendiri sekaligus CEO Facebook Mark Zuckerberg pun melakukan hal serupa, seperti terlihat dalam foto yang diunggahnya ke Instagram, Juni lalu. (Baca: Misteri Selotip di Laptop Mark Zuckerberg)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com