Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akun Fotografer "135.000 Follower" Dihapus Instagram Tanpa Penjelasan

Kompas.com - 16/09/2016, 14:45 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber PetaPixel

KOMPAS.com - Dani Diamond terkejut ketka coba mengakses akun Instagram miliknya, Minggu (11/9/2016) lalu. Akun dengan jumlah pengikut sebanyak 134.000 itu tak bisa dibuka karena sudah dihapus oleh pengelola media photo sharing bersangkutan.

Diamond, pria yang berprofesi sebagai fotografer fashion dan komersil berbasis di kota New York, AS ini mendapati pesan berbunyi “Akun Anda dimatikan karena melanggar ketentuan...”

Dia mengaku sebelumnya tak pernah mendapat peringatan tertulis dari Instagram. Sebab musabab penghapusan akunnya pun tidak diterangkan.

“Saya dan istri saya menelaah ketentuan penggunaan Instagram pada Minggu malam. Kami tak mengerti kenapa akun itu dimatikan,” keluh Diamond dalam sebuah posting di PetaPixel, sebagaimana dirangkum KompasTekno, Kamis (15/9/2016).

Yang jelas, kata Diamond, dia merasa tak pernah melanggar ketentuan dengan melakukan hal-hal seperti spamming atau mengumpulkan “like” palsu.

Foto-foto yang dibagikan di Instagram pun dinilainya tak mengandung unsur ketelanjangan yang biasa menjadi alasan di balik penghapusan sebuah akun.

Diamond merasa kecewa berat lantaran dia sudah bekerja keras untuk mengumpulkan follower sejak pertama membikin akun Instagram, 5 tahun lalu. Dia pun cuma bisa menebak-nebak alasan Instagram.

Ia pun mencoba menghubungi Instagram, mencari tahu kenapa akunnya sampai dihapus. Namun Instagram tak kunjung membalas pesannya.

Dani kemudian menuliskan pengalamannya itu ke situs fotografi PetaPixel. Tulisannya mendapat banyak tanggapan dari sesama rekan fotografer dan pembaca situs tersebut.

Barulah sekitar satu jam setelah tulisannya dipublikasikan oleh PetaPixel, akun Dani Diamond dikembalikan oleh Instagram dan sudah bisa diakses lagi.

Kasus akun instagram yang tiba-tiba dihapus ini bukan yang pertama. Sebelumnya, pada April lalu Instagram pernah menghapus akun milik pengguna gara-gara algoritma filter otomatisnya salah mengira foto kue yang diunggah sebagai payudara wanita.

Baca: Hei Instagram, Ini Kue Bukan Payudara

Akan halnya kasus Diamond, entahlah ada apa di balik penghapusan akun tersebut. Instagram juga belum memberikan penjelasan resmi tentang kejadian ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PetaPixel

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com