Kompas.com - 16/09/2016, 16:53 WIB
iOS 10 Ars TechnicaiOS 10
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - iOS 10 sudah resmi dirilis. Seperti yang dijanjikan, OS mobile terbaru Apple tersebut hadir dengan berbagai fitur baru.

Salah satu fitur yang paling ditunggu, boleh jadi, adalah diizinkannya pengguna untuk menghapus aplikasi bawaan (stock) atau biasa dikenal dengan istilah bloatware. Total ada 23 aplikasi yang bisa dihapus pengguna.

Ke-23 aplikasi tersebut, sebagaimana KompasTekno rangkum dari situs resmi Apple, Jumat (16/9/2016), adalah:

  1. Calculator
  2. Calendar
  3. Compass
  4. Contacts
  5. FaceTime
  6. Find My Friends
  7. Home
  8. iBooks
  9. iCloud Drive
  10. iTunes Store
  11. Mail
  12. Maps
  13. Music
  14. News
  15. Notes
  16. Podcasts
  17. Reminders
  18. Stocks
  19. Tips
  20. Videos
  21. Voice Memos
  22. Watch app
  23. Weather

Fitur baru tersebut akan membantu pengguna yang memiliki iPhone, iPad, atau iPod Touch dengan media penyimpanan berkapasitas tidak terlalu besar.

Meski begitu, menurut Apple, ke-23 aplikasi tersebut sebenarnya tidaklah terlalu membebani media penyimpanan. Semua aplikasi tersebut hanya menghabiskan 150 MB.

Cara menghapus aplikasi sangat mudah. Pengguna tinggal menahan jari di aplikasi yang ingin dihapus. Kemudian, icon-icon aplikasi akan mulai "bergoyang" dan muncul tombol "X" di kiri atas.

Tinggal tekan tombol "X" tersebut, aplikasi akan langsung terhapus. Ya, cara penghapusan aplikasi bawaan tersebut sama persis dengan cara menghapus aplikasi lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Aplikasi seperti Phone dan Wallet tidak bisa dihapus karena penting untuk berjalannya sistem.

Jika suatu saat berubah pikiran, pengguna bisa mengunduhnya kembali melalui App Store. Caranya cukup memasukkan nama aplikasi yang dicari, App Store bakal langsung menampilkan aplikasi tersebut.

Ada beberapa catatan yang diberikan oleh Apple untuk fitur ini. Salah satunya, jika pengguna memutuskan untuk menghapus Contact, informasi kontak akan tetap ada di aplikasi Phone.

Halaman:


Sumber Apple
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.