Kompas.com - 17/09/2016, 09:33 WIB
Peluncuran iPhone 7 dan 7 Plus, Kamis (8/9/2016) WIB. TheVergePeluncuran iPhone 7 dan 7 Plus, Kamis (8/9/2016) WIB.
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Penjualan perdana iPhone 7 di beberapa negara berlangsung pada Jumat (16/9/2016) kemarin. Antrean panjang sudah mengular beberapa hari sebelumnya.

Ada yang hendak menjadikan iPhone 7 sebagai pendamping aktivitas sehari-hari, tak jarang pula yang berniat menyiksa flagship teranyar buatan Apple tersebut demi membuktikan ketangguhan perangkat.

Salah satu yang membeli untuk menyiksa adalah YouTuber asal Amerika Serikat, Zacks Jerry Rig. Ia mengunggah video penyiksaan iPhone 7 lewat channel YouTube JerryRigEverything, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari AppleInsider, Sabtu (17/9/2016). (Baca: Pembeli Pertama iPhone 7 Merasa Beruntung Sekaligus Kecewa)

iPhone 7 tersebut tampak baru dibeli. Pasalnya, smartphone terbaru Apple ini diperlihatkan masih terbungkus rapi, sebelum akhirnya disiksa melalui berbagai metode.

Upaya penyiksaan dilakukan dengan alat bantu berupa permukaan runcing, pisau cukur, mancis, dan tekanan tangan sendiri. Semua itu untuk menguji sekuat apa fisik iPhone 7 yang dibanderol mulai 649 dollar AS atau Rp 8,5 jutaan ini.

Pertama-tama dilakukan pengujian ketangguhan layar. Ada sembilan level tekanan goresan yang disiapkan Jerry dengan menggunakan permukaan runcing.

Layar tersebut ternyata cukup kuat menahan goresan. Baru di level 7 tekanan goresan, layar iPhone 7 mengalami goresan serius.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tombol home iPhone 7 terbukti dilapisi kaca pelindung yang lumayan kokoh. Goresan hingga level 5 masih bisa diatasi tombol dengan Touch ID tersebut. (Baca: Begini Suasana Penjualan Perdana iPhone 7)

Namun, ketika goresan ditinggikan ke level 6, tombol home iPhone 7 nyatanya tak berdaya. Menurut Jerry, hal ini dikarenakan tombol itu tak berlapis safir yang punya kekuatan level tinggi.

Kamera iPhone 7 juga cuma berlapis kaca, bukan safir. Saat disiksa dengan goresan pisau cukur pada level lima, kamera memang tampak kokoh. Tapi, ketika goresan ditingkatkan jadi level 6, kamera iPhone 7 terbukti tak kuat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.