Kompas.com - 18/09/2016, 16:17 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Sudah menjadi tradisi bagi situs iFixit untuk membongkar dan mengoprek smartphone yang baru dirilis. iPhone 7, yang baru dijual resmi pada Jumat (16/9/2016) di beberapa negara tertentu, tidak luput dari tradisi tersebut.

Ada satu hal menarik dari hasil bongkar pasang tersebut. iPhone 7 ketahuan memakai komponen penting bikinan Samsung, yakni RAM 2 GB.

Selama ini, Samsung memang kerap menyuplai komponen-komponen penting untuk smartphone buatan Apple. Selain RAM, komponen utama lainnya adalah layar.

Hal ini terbilang unik. Sebab Apple dan Samsung sejatinya merupakan kompetitor kuat di industri smartphone. Keduanya juga beberapa kali bersitegang soal paten.

Selain spesifikasi RAM, hasil bedah iPhone 7 juga menunjukkan kapasitas baterai 1.960 mAh, sebagaimana dilaporkan PhoneArena dan dihimpun KompasTekno, Minggu (18/9/2016).

Baterai tersebut sedikit lebih besar dari iPhone 6s yang memiliki kapasitas 1.715 mAh.

Baca: Ini Spesifikasi Lengkap iPhone 7 dan 7 Plus

Pada acara peluncuran resminya di San Francisco, AS, Apple mengklaim baterai iPhone 7 dan 7 Plus lebih tahan lama satu jam dibandingkan pendahulunya. Bukan semata-mata berkat kapasitasnya, tapi juga optimisasi software dan hardware.


Fakta menarik lain dari pengoprekan iPhone 7 adalah soal hilangnya adaptor audio jack. CEO Apple Tim Cook mengatakan jack mengambil porsi tempat sangat besar dan harus dilengserkan agar komponen lain yang lebih penting bisa masuk.

Baca: Mengapa iPhone 7 Tak Punya Jack Audio dan Tombol “Home”?

Padahal, hasil pengoprekan tak menemukan ada komponen teknologi canggih yang menempati tempat jack. Yang ada cuma plastik dan saluran audio.

"Tak ada elektronik keren di sini, hanya rancangan akustik dan cetakan plastik," kata sang pengoprek dari iFixit tersebut.

Baca: Begini Tampang iPhone 7 dan 7 Plus dari Berbagai Sisi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.