Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibanting, Lebih Kuat iPhone 7 atau iPhone 6S?

Kompas.com - 19/09/2016, 17:05 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Pasca penjualan perdana iPhone 7 beberapa hari lalu, berbagai video "penyiksaan" flagship Apple tersebut muncul di ranah maya. Salah satunya muncul di channel YouTube PhoneBuff.

"Penyiksaan" yang dimaksud adalah serangkaian uji coba esktrem untuk mengetahui ketangguhan fisik perangkat. Perangkat bisa saja dibanting, ditusuk benda tajam, hingga dibakar.

Baca: Baru Dibeli, iPhone 7 Langsung Disiksa

Video PhoneBuff  memperlihatkan iPhone 7 yang dibanting berkali-kali dari ketinggian satu meter. Tak sendiri, ada pula iPhone 6S yang menjadi pembandingnya.

PhoneBuff ingin tahu mana yang lebih tangguh terhadap bantingan, sebagaimana dilaporkan PhoneArena dan dihimpun KompasTekno, Senin (19/9/2016).

Pada bantingan pertama dari sudut belakang (back drop), iPhone 7 dan iPhone 6S tak menunjukkan lecet fisik yang signifikan. Hal serupa terjadi saat bantingan dari sudut bawah (bottom drop) dan samping (side drop).

Dua seri iPhone bak kembar dengan material berkekuatan sama. "Keseruan" baru terlihat saat bantingan sudut depan alias face drop. Layar kedua smartphone sama-sama retak parah, meski masih bisa digunakan. Hal ini mengonfirmasi keduanya menggunakan pelindung kaca berjenis sama.

Pemenangnya pun sulit ditentukan dari rangkaian tes tersebut. Alhasil, diadakan bonus round untuk mencari pemenangnya. Pada sesi ini, kedua iPhone dibanting dari sisi depan berulang kali hingga rusak total.

Alhasil, iPhone 6S bisa bertahan hingga lima kali bantingan. Sementara itu, iPhone 7 terbukti memenangkan tes dengan ketahanan hingga delapan kali bantingan.

Baca: Begini Suasana Penjualan Perdana iPhone 7

Sebagai tambahan, iPhone 7 sudah dilengkapi kemampuan anti-air bersertifikasi IP67 yang tak dimiliki iPhone 6S. Dengan ini, iPhone 7 bisa tahan rendaman air sedalam satu meter selama 30 menit.

Sebelumnya, uji benchmark AnTuTu juga menyatakan Apple memberi peningkatan besar pada performa iPhone 7 jika dibandingkan iPhone 6S. iPhone 7 berhasil mengumpulkan skor hingga lebih dari 178.000, sementara iPhone 6S terpaut di angka 133.000-an.

Berikut video "penyiksaan" yang diunggah oleh PhoneBuff:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com