GFX 50S, Kamera Mirrorless "Sensor Besar" Pertama Fujifilm

Kompas.com - 20/09/2016, 06:12 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

COLOGNE, KOMPAS.com - Fujifilm akhirnya resmi memperkenalkan kamera mirrorles dengan sensor berukuran medium format digital pertamanya. Model tersebut diberi nama seri GFX 50S.

Huruf G merupakan identitas seri medium format milik Fujifilm, yang mengusung sensor ukuran besar. Sedangkan 50S merupakan nama seri kamera terbaru itu.

"Saya ingin memperkenalkan format baru dari Fuji, yaitu GFX 50S yang memiliki sensor ukuran besar. Sensor ini akan memberikan kualitas gambar yang lebih bagus," terang Senior Vice President Fujifilm Corporation, Toru Takahashi di ajang pra pembukaan Photokina 2016, Senin (19/9/2016).

"Ini adalah jawaban dari Fujifilm untuk era fotografi saat ini," ujarnya dihadapan pengunjung, termasuk wartawan KompasTekno, Yoga Hastyadi Widiartanto.

GFX 50S ini menggunakan sensor berukuran 43,8 x 32,9 milimeter dengan ketajaman 51,4 megapiksel. Fujifilm pun telah menyiapkan enam lensa baru dengan mounting G, khusus untuk kamera dengan sensor format besar ini.

Selain lensa, perusahaan asal Jepang ini pun telah memiliki sejumlah aksesori khusus lini GFX. Aksesori itu antara lain viewfinder (jendela bidik) yang dapat dipasang di bagian hotshoe (dudukan) lensa, Tilt Adapter untuk membuat viewfinder tersebut dapat diputar 90 derajat ke atas dan kanan-kiri, serta HDMI monitor.

Istilah medium format mengacu pada ukuran sensor yang diusung kamera. Di kelas medium format, ukuran sensor lebih besar dibandingkan ukuran sensor kamera full frame. Bisa juga dikatakan, ukuran sensor medium format beberapa kali lipat lebih besar jika dibandingkan dengan Advance Photo System type-C (APS-C).

Untuk diketahui, istilah full frame, medium format dan APS-C mengacu pada besar sensor yang dipakai oleh suatu kamera.

Sebuah kamera disebut memiliki sensor full frame jika sensor tersebut berukuran 36 x 24 milimeter. Sensor inilah yang dipakai untuk menangkap cahaya dan membentuk gambar.

Sedangkan APS-C mengacu pada ukuran sensor yang lebih kecil dibanding full frame. Ukuran sensor APS-C ini bervasiasi, misalnya yang dipakai pada kamera Fujifilm XE-2 dan XT-2 memilki ukuran 23,6 x 15,6 milimeter, sedangkan pada Canon berukuran 22,2 x 14,8 milimeter.

Contoh kamera medium format merek lain adalah Hasselblad X1D yang memiliki sensor berukuran 44 x 33 milimeter. Begitu juga dengan kamera Fujifilm GFX ini.

Baca: Apa Itu Kamera Mirrorless, Bedanya dengan DSLR?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.