Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengintip Ramainya Pameran Fotografi Photokina 2016 di Jerman

Kompas.com - 21/09/2016, 09:36 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

COLOGNE, KOMPAS.com - Pameran terbesar industri fotografi dan sinema, Photokina 2016 resmi dibuka pada Selasa (20/9/2016), pukul 10.00 pagi tadi. Pameran berkonsep dua tahunan sekali itu diselenggarakan di arena Koelnmesse, di kota Cologne, Jerman.

Booth-booth milik para pemain industri fotografi digelar di area pameran yang membentang sekitar 2 kilometer itu.

Pameran fotografi dan sinema berusia lebih dari 60 tahun itu diisi oleh berbagai perusahaan yang bergerak di bidang fotografi, imaji, dan kebutuhan sinema. Namun perlu diketahui, pameran ini bukanlah ajang jual beli, melainkan dirancang sebagai wadah perkenalan produk dan teknologi baru.

Selain produk, sebagian perusahaan juga menyelenggarakan workshop bertema fotografi dan sinematografi. Misalnya, cara memotret pemandangan, diskusi teknik fotografi dengan para profesional di bidangnya, dan sejenisnya.

Beberapa di antara perusahaan yang ikut serta dan memarekan produk adalah Fujifilm dengan lini kamera mirrorless GFX yang memakai sensor medium format; GoPro yang memperkenalkan drone Karma dan GoPro 5 Black Edition; Sony dengan A99 mark ii dan Hasselblad dengan modul True Zoom untuk smartphone Moto Z.

Masing-masing produk yang disebutkan merupakan salah satu daya tarik dalam pameran. Berbagai orang, dari fotografer profesional, jurnalis, para pehobi, hingga pemula yang sekadar melihat atau ingin mengikuti workshop di dalamnya, memadati pameran ini.

KompasTekno sempat berkeliling arena acara dan mengabadikan kegiatan di dalamnya. Berikut ini foto-foto suasana sebagian arena tersebut.

Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.com Setelah pengunjung mengantre dan memindai tiket masuk, mereka beejalan melewati pintu berikutnya untuk masuk menuju berbagai aula pameran Photokina 2016.
Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.com Salah satu sudut booth Fujifilm di Photokina 2016.
Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.com Kamera Fujifilm GFX 50S yang diumumkan di Photokina 2016.
Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.com Suasana booth Sony yang ramai dan penuh antrian untuk menjajal kamera full frame A99s mark ii, di Photokina 2016
Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.com Empat orang remaja sedang menjajal foto instan menggunakan kamera Instax buatan Fujifilm.
Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.com GoPro memamerkan Karma, drone lipat buatannya, di booth mereka yang terletak di Hall 9 Koelnmesse.
Untuk melihat foto-foto suasana pameran Photokina 2016 lebih banyak lagi, kunjungi galeri foto KompasTekno di tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com