Kompas.com - 21/09/2016, 11:06 WIB
Aplikasi pesan instan WhatsApp tersedia di platform Android, iOS, BlackBerry, dan Windows Phone istAplikasi pesan instan WhatsApp tersedia di platform Android, iOS, BlackBerry, dan Windows Phone
Penulis Deliusno
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Pembaruan WhatsApp membawa sebuah fitur yang sudah lama dinanti. Lewat versi 2.16.272 di Android dan iOS, WhatsApp merilis fitur mention atau "mencolek" teman di grup percakapan.

Menggunakan fitur yang satu ini, pengguna yang tergabung dalam grup dijamin bakal menjadi lebih awas saat di-mention.

Pasalnya, fitur tersebut akan tetap memaksa sistem mengeluarkan bunyi notifikasi saat pengguna di-mention, meski grup percakapan itu sudah dibuat dalam dalam mode senyap (mute).

Sebelumnya, jika pengguna mute sebuah grup, sistem tidak akan mengeluarkan bunyi notifikasi apa pun. Sehingga pengguna seringkali tidak menyadari sedang diajak berbicara dalam sebuah grup WhatsApp.

Baca: Cara Bikin Huruf di WhatsApp Jadi Tebal dan Miring

Fitur mention bisa dipakai dengan membubuhkan atau menekan karakter "@" (tanpa tanda petik). Setelah mengetik simbol "@" di kolom percakapan, deretan nama kontak yang ada dalam grup akan dimunculkan.

Pengguna bisa mengetik nama kontak yang diinginkan atau memilih salah satu dari daftar kontak yang dimunculkan oleh WhatsApp.

Baca: Cara Stop WhatsApp Serahkan Data Anda ke Facebook

Untuk percakapan personal, fitur mention tidak tersedia karena sudah merupakan percakapan langsung. Fitur mention juga belum tersedia di WhatsApp versi web.

Selain fitur mention, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Phone Radar, Rabu (21/9/2016), WhatsApp dalam waktu dekat juga akan merilis fitur panggilan telepon video (video call). Langkah ini diambil WhatsApp untuk menyaingi Google yang telah merilis Duo lebih dahulu.

Namun, untuk fitur video call ini, pengguna iOS kabarnya bakal menikmatinya lebih dahulu daripada Android.

Baca: Cara WhatsApp Tangani Semiliar Pengguna dengan 57 Orang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.