Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SanDisk Perkenalkan "SD Card" Terbesar Berkapasitas 1 TB

Kompas.com - 21/09/2016, 15:47 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber PC World

KOMPAS.com - Berapa kapasitas kartu memori SD terbesar saaat ini? Jawabannya adalah 1 terabyte (1.000 gigabyte), seperti yang ditawarkan oleh produk terbaru dari Sandisk.

Dirangkum KompasTekno dari PC World, Rabu (21/9/2016), kartu memori bernama lengkap SanDisk Extreme Pro SDXC 1 TB itu diperkenalkan dalam ajang Photokina yang tengah berlangsung di Cologne, Jerman.

SanDisk Extreme Pro SDXC 1 TB memiliki kapasitas dua kali lebih besar dibandingkan kartu memori SDXC terbesar sebelumnya, yakni 512 GB.

Secure Digital eXtended Capacity (SDXC) merupakan tipe kartu memori SD yang secara teori sanggup mendukung kapasitas maksimum hingga 2 TB, dibanding batas 32 GB untuk kartu SD biasa.

“Enam belas tahun yang lalu kami memperkenalkan kartu SD 64 megabyte pertama SanDisk, sekarang kami bisa membuat kapasitas 1 TB,” ujar Vice President Product Marketing SanDisk, Dinesh Bahal.

Kartu memori ini dibuat sebagai jawaban atas kebutuhan perekaman konten resolusi tinggi yang berukuran besar, seperti video 4K, melalui kamera digital modern.

Namun, peminat mesti menunggu lebih lama karena Extreme Pro SDXC 1 TB kini masih berupa purwarupa. Masih belum diketahui kapan produk versi final akan beredar di pasaran.

Kecepatan transfer datanya belum jelas, tapi diperkirakan bisa mencapai kisaran 50-104 megabyte per detik, berdasarkan logo “SDXC I” (UHS-I) yang tertera di kartu.

Harganya pun belum dirinci, tapi bisa jadi akan lebih mahal dibandingkan SandDisk Xtreme Pro SDXC 512 GB yang dibanderol 275 dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PC World
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com