Kompas.com - 22/09/2016, 10:28 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Salah satu keuntungan yang dimiliki pengguna smartphone seri Nexus dari Google adalah update sistem operasi yang cepat dan teratur. Namun, hal tersebut tak selalu berbuah manis.

Contohnya seperti dialami oleh segelintir pemilik Nexus 5X yang mendapati perangkatnya rusak setelah melakukan update ke OS Android 7.0 Nougat.

Dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Kamis (22/9/2016), ponsel-ponsel Nexus 5X tersebut terus mengalami random reboot, bahkan setelah factory reset atau masuk ke Safe Mode.

Seorang perwakilan Google mengakui keberadaan masalah yang disebut hanya menimpa “sebagian kecil” pengguna Nexus 5X itu.

“Kami sedang terus menyelidiki persoalan ini, tapi bisa mengonfirmasikan bahwa penyebabnya adalah masalah hardware,” sebut sang perwakilan dalam sebuah forum tanya jawab Google.

Sayangnya, karena bersifat “hardware”, tak ada yang bisa dilakukan untuk mengatasi problem di atas kecuali mengajukan perbaikan atau menukar perangkat.

Itu pula yang direkomendasikan oleh Google, ketimbang pemilik Nexus 5X terus menerus mengalami reboot mendadak.

Android 7.0 Nougat pertama kali dirilis menjelang akhir bulan Agustus lalu. Seperti biasa, yang pertama kali kebagian adalah perangkat-perangkat Nexus dari Google, termasuk Nexus 5X, Nexus 6, Nexus 6P, dan Nexus 9.

Baca: Google Sebar Android Nougat, Ini Daftar Perangkat yang Kebagian

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.