Lensa "Tele" iPhone 7 Plus Bekerja di Kondisi Tertentu Saja

Kompas.com - 22/09/2016, 11:39 WIB
Kamera ganda dan Quad-LED pada iPhone 7 Plus AppleKamera ganda dan Quad-LED pada iPhone 7 Plus
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Untuk pertama kalinya, Apple menggunakan teknologi kamera ganda pada iPhone 7 Plus. Perangkat dengan bentang layar 5,5 inci ini dibekali kamera wide angle dengan lensa 28 mm (ekuivalen full-frame) f/1.8 dan lensa kedua dengan lensa “tele” 56 mm f/2.8 yang digunakan untuk memotret close up.

Kamera kedua dengan lensa 56 mm itu memungkinkan pengguna melakukan “zoom in” pada subyek tanpa mengorbankan ketajaman gambar seperti yang terjadi pada teknik digital zoom.

Namun, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Rabu (21/9/2016), kamera kedua pada iPhone 7 Plus itu tak selalu bisa digunakan. Ponsel akan me-nonaktifkan kamera dengan lensa 56 mm tersebut dalam kondisi tertentu

Lebih tepatnya, iPhone 7 Plus hanya akan memakai kamera wide angle 28 mm saat memotret dalam situasi minim cahaya . Alih-alih mengaktifkan kamera kedua, ketika pengguna melakukan zooming dalam kondisi low light, ponsel akan melakukan digital zoom.

Demikian juga yang terjadi apabila pengguna mencoba memotret subyek yang berada dalam jarak sangat dekat. Hal ini dijelaskan oleh Vice President Worldwide Marketing Apple, Phil Schiller lewat Twitter untuk menanggapi sebuah pertanyan dari pengguna.

Baca: Mengenal Teknologi Kamera Ganda di iPhone 7 Plus

“Dalam kondisi low-light (atau macro 10 cm), dual camera (iPhone 7 Plus) mungkin akan memakai lensa wide angle 28 mm f/1.8 OIS untuk mengambil gambar terbaik,” kicau Schiller.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apa sebabnya?

Mengapa iPhone 7 Plus tidak memakai kamera dengan lensa “tele” 56 mm dalam kondisi remang-remang? Kemungkinan ini dilakukan untuk mencegah gambar buram akibat goyangan.

Di kondisi ideal dengan cahaya terang, kecepatan rana (shutter speed) akan cukup tinggi untuk meniadakan efek motion blur alias buram karena subyek atau ponsel yang bergerak ketika mengambil gambar.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.