Samsung Sisipkan 3 Pesan Ini di Layar Galaxy Note 7

Kompas.com - 22/09/2016, 15:29 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Samsung Galaxy Note 7 mulai dipasarkan kembali setelah sempat ditarik (recall) karena masalah pada baterai. Di Amerika Serikat, tak kurang dari 500.000 unit Galaxy Note 7 versi perbaikan sudah beredar.

Untuk membedakan dengan versi lama Galaxy Note 7, Samsung memberikan penanda berupa pesan saat pertama kali menyalakan smartphone. Pemberitahuan itu akan menjelaskan tiga kondisi ponsel, sebagaimana dilaporkan Recode dan dihimpun KompasTekno, Kamis (22/9/2016).

Pertama, ponsel telah ditarik dan sekarang sudah diperbaiki. Kedua, ponsel diproduksi pasca penarikan dari pasar (recall) sehingga benar-benar baru dan semestinya tak ada isu baterai sama sekali.

Ketiga, ponsel masih tipe lama dan belum diperbaiki. Bagi pengguna yang mendapat pemberitahuan versi ketiga, mereka diminta untuk segera mematikan ponsel dan menukarnya dengan perangkat baru di tempat pembelian.

Perhatikan ikon baterai

Selain pemberitahuan, ada penanda lain yang bisa diamati. Jika ikon status baterai pada Galaxy Note 7 berwarna hijau, artinya ponsel tersebut sudah aman. Sedangkan, jika ikon status baterai masih berwarna abu-abu, artinya pengguna perlu waspada dan segera minta tukar.

Penanda terakhir adalah paket kemasan Galaxy Note 7. Jika ada embel-embel stiker "S" pada kotak kemasan, artinya perangkat itu sudah versi baru.

Kalau Anda merupakan pembeli Galaxy Note 7, Anda seyogyanya memperhatikan tiga penanda yang sudah dibuat Samsung, baik secara fisik (paket kemasan), maupun software (pemberitahuan dan warna status baterai).

Sebelumnya, sebanyak 2,5 juta unit Samsung Galaxy Note 7 ditarik dari pasaran. Penyebabnya adalah komponen baterai yang cepat panas dan berpotensi meledak saat dioperasikan.

Baca: Ini Tanda Khusus Galaxy Note 7 yang Sudah Aman

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Recode


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.