Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korea Utara Hanya Punya 28 Situs Web

Kompas.com - 22/09/2016, 16:20 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Gizmodo

KOMPAS.com - Korea Utara (Korut) memiliki jaringan internet yang hanya bisa diakses oleh dari dalam negeri. Penduduk negara tersebut pun tak dapat mengakses situs-situs asing sehingga isi internet Korut selama ini tidak diketahui dunia luar.

Namun, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizmodo, Kamis (22/9/2016), belakangan dilaporkan terjadi kesalahan yang menyebabkan jaringan internet Korut bisa diintip dari luar negeri.

“Salah satu server top-level name Korut keliru dikonfigurasikan sehingga membuka transfer zona DNS global,” sebut seseorang yang mengungkapkan kejadian tersebut di situs developer GitHub.

Dari sini diketahui bahwa jaringan internet Korut ternyata hanya memiliki 28 situs yang semuanya tampak seperti dibuat oleh pihak pemerintah dengan domain resmi “.kp”.

Jenis ke-28 situs tersebut bisa coba diterka dari nama dan URL masing-masing, misalnya “Cooks.org.kp” yang berisi resep masakan, situs berita pemerintah “Kcna.kp”, dan sebuah situs lain bernama “Friends.com.kp” yang mirip jejaring sosial.

Begitu sedikitnya jumlah situs web yang bisa diakses warga Korut, sampai-sampai situs yang bisa dibuka dari dalam game komputer saja masih lebih banyak.

“Korea Utara -28 website. GTA V -83 website. Saya pikir San Andreas lebih canggih dibanding Korea Utara,” komentar seorang pengguna forum online Reddit.

Situs-situs Korut tersebut sempat kebanjiran pengunjung dari seluruh dunia ketika aksesnya tak sengaja dibuka, hingga akhirnya tumbang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmodo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com