Kompas.com - 22/09/2016, 16:20 WIB
Tampilan salah satu website Korea Utara yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga GizmodoTampilan salah satu website Korea Utara yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Korea Utara (Korut) memiliki jaringan internet yang hanya bisa diakses oleh dari dalam negeri. Penduduk negara tersebut pun tak dapat mengakses situs-situs asing sehingga isi internet Korut selama ini tidak diketahui dunia luar.

Namun, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizmodo, Kamis (22/9/2016), belakangan dilaporkan terjadi kesalahan yang menyebabkan jaringan internet Korut bisa diintip dari luar negeri.

“Salah satu server top-level name Korut keliru dikonfigurasikan sehingga membuka transfer zona DNS global,” sebut seseorang yang mengungkapkan kejadian tersebut di situs developer GitHub.

Dari sini diketahui bahwa jaringan internet Korut ternyata hanya memiliki 28 situs yang semuanya tampak seperti dibuat oleh pihak pemerintah dengan domain resmi “.kp”.

Jenis ke-28 situs tersebut bisa coba diterka dari nama dan URL masing-masing, misalnya “Cooks.org.kp” yang berisi resep masakan, situs berita pemerintah “Kcna.kp”, dan sebuah situs lain bernama “Friends.com.kp” yang mirip jejaring sosial.

Begitu sedikitnya jumlah situs web yang bisa diakses warga Korut, sampai-sampai situs yang bisa dibuka dari dalam game komputer saja masih lebih banyak.

“Korea Utara -28 website. GTA V -83 website. Saya pikir San Andreas lebih canggih dibanding Korea Utara,” komentar seorang pengguna forum online Reddit.

Situs-situs Korut tersebut sempat kebanjiran pengunjung dari seluruh dunia ketika aksesnya tak sengaja dibuka, hingga akhirnya tumbang. 



Sumber Gizmodo
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X