YouTube Ajak Pengguna Jadi "Pahlawan"

Kompas.com - 23/09/2016, 09:23 WIB
YouTube Heroes YouTubeYouTube Heroes
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - YouTube tak ubahnya yin yang yang punya sisi gelap dan terang. Ada banyak konten positif yang menginspirasi, tapi tak sedikit pula konten berbau SARA yang berujung pada derasnya aliran komentar negatif. 

Kali ini, YouTube mencoba inisiatif baru untuk mereduksi keberadaan konten negatif di platform-nya. Melalui fitur bertajuk "Heroes", YouTube hendak menghimpun "pahlawan maya" secara sukarela dari para pengguna, sebagaimana tertera pada situs resmi Google dan dihimpun KompasTekno, Jumat (23/9/2016).

Siapa saja bisa jadi pahlawan dengan mendaftar sebagai anggota YouTube Heroes di tautan ini. Setelah mengisi formulir online, YouTube akan mengirimkan e-mail untuk mengaktivasi status Anda sebagi anggota YouTube Heroes. Lalu, Anda bisa mulai beraksi sebagai pahlawan.

Caranya cukup dengan membubuhi caption pada channel tertentu yang mempersilahkan, melaporkan konten atau komentar negatif yang ditemui, serta berbagi ilmu pengetahuan di YouTube Help Forum.

Apa untungnya jadi pahlawan YouTube?

Untuk setiap jasa yang dilakukan, YouTube bakal memberikan poin bagi pahlawan. Semakin banyak poinnya, semakin banyak keuntungan yang bisa didapatkan.

Mekanisme ini kurang lebih seperti bermain game. Untuk laporan akurat soal konten video yang tak sesuai aturan main YouTube, seseorang diganjar satu poin.

Lalu, jika memberi jawaban terbaik untuk pertanyaan-pertanyaan di YouTube Help, seseorang bisa mendapat 10 poin sekaligus. Dengan poin-poin itu, pengguna akan naik level dan diberi penghargaan.

Pada level 1 (0-9 poin), Anda resmi menjadi anggota YouTube Heroes dan punya akses ke dashboard Heroes. Di level 2 (10-99 poin), Anda bisa mengambil bagian pada diskusi antar-"pahlawan".

Berikutnya, level 3 (100-399 poin), Anda bisa memoderasi konten di komunitas YouTube Heroes. Intinya, pada level ini Anda sudah bisa turut mengatur Heroes.

Untuk level 4 (400-999 poin), Anda bisa mengetahui fitur-fitur baru YouTube sebelum dirilis resmi. Anda juga bisa mengontak staf resmi YouTube secara langsung.

Terakhir, di level 5 (lebih dari 1000 poin), Anda bisa menjajal langsung produk teranyar YouTube sebelum dirilis. Pada tahap ini, Anda juga bisa melamar di acara Heroes Summit untuk menjadi pembicara di workshop dan seminar.

Selamat mencoba!



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X